Pilih Laman
Untar Tuan Rumah Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia

7 November 2023

Oleh: Admin Pusat

Untar menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2023. Pembukaan OPSI 2023 dihadiri Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek Dr. Maria Veronica Irene Herdjiono, M.Si., M.T. dan Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemendikbudristek Asep Sukmayadi, S.I.P., M.Si. di Auditorium Kampus 1 Untar, Selasa (7/11).

OPSI merupakan kompetisi berskala nasional yang diselenggarakan oleh Puspresnas dalam rangka membangun peserta didik Indonesia yang berkarakter kreatif dan inovatif. Olimpiade ini berfokus pada karakter ilmiah yang ditumbuhkan melalui kegiatan kompetisi dalam rangka mengembangkan kemerdekaan berpikir siswa untuk terus meneliti.

Kepala BBPTI Asep Sukmayadi, S.I.P., M.Si. dalam laporannya mengatakan para peserta yang hadir ini adalah para finalis yang sudah melalui seleksi proposal dan seleksi naskah penelitian yang sangat ketat.

“Kami berterima kasih kepada Universitas Tarumanagara yang tahun ini yang telah membantu dan sepenuhnya mendukung OPSI, sehingga karya-karya finalis bisa dipamerkan dan dapat dilihat oleh sivitas akademika Untar, para siswa SMP/SMA di DKI Jakarta, serta masyarakat secara umum,” tambah Asep.

Sementara itu, Kepala Puspresnas Dr. Maria Veronica Irene Herdjiono, M.Si., M.T. berharap kegiatan ini dapat mempersiapkan calon generasi emas yang akan mengantarkan Indonesia lebih maju dari sekarang.

Secara khusus Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., A.E. mengucapkan terima kasih kepada Kemendikbudristek dan Puspresnas atas kepercayaan kepada Untar untuk menjadi tempat penyelenggaraan OPSI 2023.

Peserta dari Papua mengenakan pakaian daerah, tengah menjelaskan karyanya kepada pengunjung

Peserta OPSI pada tahun ini mencapai 6.643 karya. SMP berjumlah 1.809 karya, sementara untuk SMA berjumlah 4.424 karya. Dari jumlah itu hanya dipilih sebanyak 200 naskah terbaik atau finalis, yang terdiri dari 187 peserta jenjang SMP/MTs dan 189 peserta jenjang SMA/MA. (DP/YS/AW)

 

Baca Berita Terkait

 

Jakarta Review
Untar Jadi Tuan Rumah Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia 2023

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week