Pilih Laman
Pelatihan Nasional Greenmech Bantu Tendik Siapkan Generasi Emas 2045

4 November 2023

Oleh: Admin

Pusat Bimbingan dan Konsultasi Psikologi (PBKP) Untar berkolaborasi dengan Rumah Edukasi menyelenggarakan Pelatihan Nasional Greenmech dan Robotik 2023, Sabtu (4/11) di Auditorium Kampus 1 Untar. Acara ini menghadirkan workshop coding dan robotika termudah, tercepat, dan terpopuler di dunia berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics).

Direktur Rumah Edukasi Mulia Anton menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara Rumah Edukasi dan Untar yang sudah berlangsung sejak tahun 2016. Menurutnya, Untar memiliki peran penting dalam sejarah pengembangan pembelajaran berbasis STEAM.

Diharapkannya, Untar dapat terus mendukung kegiatan pembelajaran coding dan robotika yang sejalan dengan program Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Kemendikbudristek.

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., A.E. berharap pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi dan kualitas pendidikan di institusi masing-masing.

Menurut Rektor, pelatihan ini penting karena sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di institusi masing-masing. Rektor berpendapat bahwa siswa harus diperkenalkan sejak dini terkait pemanfaatan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

Membuka acara, Kepala PBKP Untar Meiske Yunithree Suparman, M.Psi., Psikolog mengatakan pelatihan seperti ini dapat terus dikembangkan. Pelatihan dapat dimanfaatkan tenaga pendidik mempersiapkan siswa agar siap menghadapi perkembangan teknologi yang pesat, sebagai upaya agar Indonesia mencapai Generasi Emas 2045.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Tim Trainer & Juri Internasional Projek Robot for Mission berbasis STEAM yang telah berhasil mengantarkan tim Indonesia menjadi Juara Dunia Kompetisi Robot for Mission.

Selain itu, sosialisasi terkait coding dan robotika dalam Kurikulum Merdeka juga disampaikan oleh Tim Penyusun Kurikulum Merdeka Dr. Meilani Hartono.

Acara ini dihadiri oleh 90 kepala sekolah dan guru serta dosen se-Indonesia dan dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Guru Nasional yang jatuh pada 25 November mendatang. (KJ/AW/KJ)