Pilih Laman
Mahasiswi Elektro Hasilkan Karya Angklung Otomatis

26 Juli 2023

Oleh: Admin Pusat

Prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik Untar mengadakan pameran karya mahasiswa di Lab Elektronika, Kampus I Untar. Acara dibuka Ketua Program Studi (Kaprodi) Sarjana Teknik Elektro Yohanes Calvinus, S.T., M.T. pada Rabu (26/7).

Salah satu karya yang dipamerkan adalah milik Earleen. Mahasiswi angkatan 2019 ini membuat sebuah mesin yang mampu memainkan angklung secara otomatis.

Dalam programnya, terdapat berbagai lagu yang dapat didaftarkan sehingga angklung dapat bermain secara otomatis. Selain itu, mesin tersebut juga tersambung dengan keyboard, yang memungkinkan kita untuk memainkan beragam nada.

Karya ini berawal dari hobi Earleen sebagai pecinta musik, yang kemudian dijadikannya skripsi berjudul “Perancangan Sistem Otomatisasi Alat Musik Angklung dengan Input Nada Berformat MIDI”.

“Semoga angklung otomatis ini dapat berguna bagi acara-acara di Untar,” ucap Earleen.

Ketua Lembaga Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Adianto, M.Sc. yang hadir dalam acara mengucapkan apresiasi pada seluruh mahasiswa yang telah menghasilkan karya yang inovatif.

Harapannya, karya-karya ini dapat dikembangkan untuk keperluan industri atau kewirausahaan di masa mendatang.

Selain karya Earleen, terdapat tujuh karya lain yang dipamerkan dalam pameran ini, di antaranya alat penghitung beras otomatis, pengering payung otomatis, robot pengantar barang otomatis, touchless keyboard, alat penghitung kecepatan pelari, dan tong sampah pemisah logam otomatis. (YI/AW)

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week