Pilih Laman
Untar Kukuhkan Profesor Hukum Bisnis Termuda Indonesia

24 Juli 2023

Oleh: Admin Pusat

Prof. Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H. resmi menjadi Profesor Tetap Bidang Ilmu Hukum dalam Sidang Senat Universitas Tarumanagara, Senin (24/7) di Auditorium Gedung Utama Kampus I Untar.

Prosesi pengukuhan dilakukan Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., A.E. dan disaksikan Dekan Fakultas Hukum Untar Prof. Dr. Amad Sudiro, S.H., M.H., M.M., M.Kn.

Dikukuhkan sebagai Guru Besar/Profesor di usia 38 tahun, Prof. Ariawan meraih penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Hukum Bisnis Termuda di Indonesia.

Prof. Ariawan berharap capaian ini memiliki manfaat yang nyata untuk masyarakat.

Selain itu, capaian ini diharapkan dapat menjadi motivasi para generasi muda untuk memberikan kontribusi positif di bidang masing-masing untuk bangsa.

“Saya juga memiliki prinsip untuk “Ora et Labora”, yaitu berdoa dan terus belajar karena bersama Tuhan, tidak ada yang tidak mungkin,” pesan Prof. Ariawan.

Berpegang pada filosofi extra miles, Prof. Ariawan berpesan bahwa mimpi dapat diraih melalui kinerja konsisten.

“Saya selalu belajar untuk berlari ketika orang lain berjalan. Bekerja ketika orang lain bermalas-malasan dan bangun ketika orang lain tidur,” ucap Ketua Yayasan Tarumanagara tersebut.

Dalam orasi ilmiah bertemakan “Pembaruan Hukum Perdagangan Internasional: Mewujudkan Perdagangan Bebas yang Berkeadilan (Fair Trade)”, Prof. Ariawan mengungkapkan adanya fenomena hukum yang menciptakan disrupsi dalam kegiatan perdagangan bebas internasional pascapandemi Covid-19.

Menurutnya, sistem perdagangan internasional yang berkeadilan perlu segera diimplementasikan untuk bangkit dari dampak ekonomi yang timbul akibat pandemi.

“Saya melihat adanya spirit dan upaya pemerintah untuk merevolusi UMKM ke dalam tatanan digital, terutama untuk mewujudkan “rebound” perekonomian nasional yang kongregatif,” jelas Prof. Ariawan.

Rektor berharap pengukuhan ini dapat menjadi motivasi bagi para dosen untuk meningkatkan kompetensi dan kualifikasi hingga jenjang jabatan tertinggi. Hal ini menunjukkan kualitas unggul dalam bidang penelitian, pengajaran, dan pengabdian kepada masyarakat.

Prof. Ariawan Gunadi lahir pada tahun 1985. Lulus pendidikan Sarjana dan Magister Hukum dari Universitas Tarumanagara, Prof. Ariawan melanjutkan pendidikan Doktor di Universitas Indonesia. Tahun 2012, di usia ke-27, Prof. Ariawan berhasil menamatkan studi Doktornya dengan predikat cumlaude, menjadikannya Doktor Hukum Termuda Universitas Indonesia. (SC/AW)

 

Baca Berita Terkait

 

RRI.co.id
Jadi Profesor Termuda, Pengukuhan Ariawan Gunadi Masuk Rekor MURI

Sonora.id
Untar Kukuhkan Prof. Ariawan Gunadi sebagai Guru Besar Hukum Bisnis Termuda

Menara62.com
Ariawan Gunadi, Dosen FH Untar Raih Gelar Profesor Termuda Bidang Hukum Bisnis

Medcom.id
Catatkan Rekor MURI, Ariawan Gunadi Jadi Profesor Hukum Bisnis Termuda Untar

Media Indonesia
UNTAR Cetak Guru Besar Hukum Bisnis, Termuda, Raih Rekor MURI

Jakarta Review
Raih Gelar Profesor Hukum Bisnis Termuda Indonesia, Ariawan Gunadi Raih Rekor Muri

Jurnas.com
Cetak Rekor! Untar Kukuhkan Profesor Hukum Bisnis Termuda

Koran Jakarta
Untar Kukuhkan Guru Besar Hukum Bisnis Termuda

Gatra.com
Untar Kukuhkan Guru Besar Hukum Bisnis Termuda

Berita Satu
Jadi Profesor Hukum Bisnis Termuda Indonesia, Ariawan Gunadi Raih Rekor Muri

Sindo News
Untar Cetak Rekor MURI Kukuhkan Guru Besar Hukum Bisnis Termuda di Indonesia

Kompas.com
Ariawan Gunadi Jadi Profesor Hukum Bisnis Termuda Indonesia, Beri Pesan bagi Generasi Muda

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week