Pilih Laman
Desain Interior Untar Selenggarakan Workshop Mahasiswa Tingkatkan Potensi Rotan Indonesia

7 Juni 2023

Oleh: Admin Pusat

Program Studi (Prodi) Desain Interior Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Untar menyelenggarakan Workshop Studi Perancangan Rotan (SPORA). Kegiatan yang berlangsung ketiga kalinya ini merupakan hasil kerja sama dengan PT Aida Rattan Industry, Juno Home, dan Studio Hendro Hadinata. SPORA dibuka Dekan FSRD Dr. Kurnia Setiawan, S.Sn., M.Hum, Rabu (7/6) di kampus Untar.

Indonesia adalah negara penghasil rotan terbesar di dunia yang menjadi bahan dasar furnitur. Potensi ini yang menginisiasi Prodi Desain Interior melaksanakan workshop untuk meningkatkan apresiasi dan mendorong inovasi dalam eksplorasi furnitur rotan oleh para mahasiswa.

Melalui ajang ini mahasiswa memiliki kesempatan belajar dan bereksperimen dari para ahli dan praktisi terkemuka dalam industri furnitur khususnya yang berbahan dasar rotan termasuk dengan desainer. Profesi desainer saat ini menjadi ujung tombak dalam industri dan perdagangan karena dapat meningkatkan nilai sebuah produk.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini menghadirkan narasumber desainer serta pelaku di industri furnitur yaitu Sakud dan Engkan Sukarsa dari PT Aida Rattan Industry, Nikko Wonoto (desainer furniture serta co-founder dari Juno Home), dan Hendro Hadinata (Studio Hendro Hadinata).

Dekan FSRD saat membuka acara menyatakan kegiatan ini inisiasi yang positif antara institusi pendidikan desain dengan industri kreatif serta profesi desainer. Diharapkan mahasiswa mampu melakukan eksplorasi serta menghasilkan inovasi yang dapat meningkatkan value material rotan dalam bentuk desain furniture yang inspiratif.

Dalam workshop, mahasiswa melakukan praktik di antaranya eksplorasi ide dan penggambaran bentuk untuk mock-up, hingga memahami karakter dasar serta proses pembentukan sarana duduk berbahan dasar rotan. Melalui praktik yang langsung dibimbing para praktisi ini para peserta dapat menghasilkan desain yang inovatif. (VW/YS/AW)

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week