Pilih Laman
Unggul dalam Kualitas Pendidikan, Untar Masuk Pemeringkatan The Times Higher Education

1 Juni 2023

Oleh: Admin Pusat

Pemeringkatan The Times Higher Education Impact Ranking menilai kinerja universitas terkait penelitian, pengajaran, dan dampak, telah diumumkan pada Kamis (1/6).

Penilaian tersebut dikaitkan dengan 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Untar memperoleh peringkat pada tiga kategori meliputi: kategori Quality Education peringkat 401-600; kategori Industry, Innovation, and Infrastructure peringkat 401-600; serta kategori Partnerships for the Goals peringkat 1001+.
(tautan terkait: https://www.timeshighereducation.com/search?search=tarumanagara)

Kategori Quality Education yang dikaitkan dengan tujuan kedua SDGs yaitu “zero hunger”, mengukur penelitian universitas terkait kelaparan, pengajaran tentang keberlanjutan pangan, komitmen untuk mengatasi pemborosan makanan, serta mengatasi kelaparan di kampus dan tingkat lokal. Data diambil dari hasil publikasi yang diindeks antara tahun 2017 dan 2021. Ada 647 universitas dari 81 negara yang masuk dalam pemeringkatan di kategori ini.
(tautan terkait: https://www.timeshighereducation.com/rankings/impact/2023/zero-hunger)

Sedangkan, kategori Industry, Innovation, and Infrastructure yang merupakan tujuan SDGs kesembilan, diukur dari penelitian universitas tentang industri dan inovasi, jumlah paten dan perusahaan spin-off, serta pendapatan penelitian dari industri. Dalam kategori ini terdapat 873 institusi dari 87 negara termasuk Untar.
(tautan terkait: https://www.timeshighereducation.com/rankings/impact/2023/industry-innovation-and-infrastructure)

Selain itu, Untar memperoleh pemeringkatan THE dalam kategori Partnerships for the Goals atau kemitraan untuk mencapai tujuan. Kategori yang mengambil dari tujuan SDGs ke-17 ini melihat cara-cara universitas dalam mendukung SDGs melalui kolaborasi dengan negara-negara lain, promosi, dan publikasi data.
(tautan terkait: https://www.timeshighereducation.com/rankings/impact/2023/partnerships-goals)

THE diikuti banyak kampus-kampus terkemuka di dunia termasuk Indonesia karena menjadi rujukan peringkat perguruan tinggi terbaik dunia yang diterbitkan setiap tahunnya.

Masuknya Untar dalam pemeringkatan THE menambah lagi pengakuan atas capaian Untar di tingkat internasional.

Menanggapi capaian ini, Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., IPU. ASEAN Eng. menilainya sebagai hasil yang sangat baik. Tahun 2023 ini, Untar mengikuti tiga kategori pemeringkatan THE yaitu education, industry, dan partnership. Hasil yang diperoleh ini menunjukkan pelaksanaan kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi di Untar telah dilaksanakan dengan baik dan memperoleh outcome yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Untar akan terus meningkatkan kualitas pengelolaan, kegiatan pembelajaran, serta penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yang mendukung tercapainya SDGs,” pungkas Rektor. (YS/AW)

 

Baca Berita Terkait

 

Jurnas.com
Untar Masuk 400 Besar Pemeringkatan Times Higher Education

Media Indonesia
Untar Masuk Pemeringkatan The Times Higher Education 

MNC Trijaya
Pemeringkatan THE Terbaru, Untar Masuk Daftar 400 Besar Perguruan Tinggi Dunia

Jakarta Review
Unggul dalam Kualitas Pendidikan, UNTAR Masuk Pemeringkatan The Times Higher Education

El John News
Unggul Dalam Kualitas Pendidikan, Untar Masuk Pemeringkatan The Times Higher Education

Menara62.com
Untar Masuk Daftar 400 Besar Perguruan Tinggi Dunia Pemeringkatan The Times Higher Education

Kompas.com
Untar Masuk Pemeringkatan Times Higher Education 2023

Sindo News
Untar Masuk Daftar Pemeringkatan Dunia THE Impact Rankings 2023

 

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week