Pilih Laman
Tarumanagara Entrepreneurs Forum Ungkap Tantangan Bisnis Keluarga

12 Mei 2023

Oleh: Admin Pusat

Tarumanagara Entrepreneurs Forum (TEF) kembali diselenggarakan Untar dan Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi Untar di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Jumat (12/5). TEF kali ini mengangkat tema “The Importance of Harmony and Professionalism in Family Business” yang membahas peran konstitusi keluarga dan profesional nonkeluarga dalam bisnis keluarga.

Kegiatan TEF juga menyelenggarakan talk show bertema “The Role of Family Constitution”, menghadirkan narasumber Presiden Komisaris PT Mitra Keluarga Karyasehat, Tbk. Jozef Darmawan Angkasa; Presiden Komisaris Bluebird Group Holding Bayu Priawan Djokosoetono, dan Presiden Direktur PT Sri Rezeki Isman, Tbk. Iwan Kurniawan Lukminto sebagai pelaku bisnis keluarga generasi kedua di Indonesia.

Dalam paparannya Iwan menjelaskan family constitution menjabarkan peran keluarga pada bisnis yang profesional, serta sebagai kesepakatan bersama untuk meninggalkan sebuah warisan dengan keberlanjutan perusahaan.

Sebagai generasi kedua dari perusahaan keluarganya, Iwan menerapkan family constitution setelah melihat bisnis keluarga yang gagal akibat tidak berkonsentrasi dengan perkembangan perusahaan.

Sedangkan menurut Bayu, family constitution dalam perusahaannya memberikan peran kekeluargaan dalam bisnis yang berjalan dari generasi ke generasi. Melalui penerapan family council atau dewan keluarga, koordinasi konflik dan resolusi perusahaan dapat dijalankan.

Pada kesempatan yang sama, Josef menekankan pemeliharaan jiwa entrepreneurship pada bisnis keluarga. Family constitution menghubungkan generasi pendiri dengan generasi-generasi berikutnya. Berpindahnya generasi memberi perubahan pada lingkungan di sekitarnya.

Selain talk show, dilakukan juga peresmian Untar Family Business Excellence and Research Center (Untar Fabex RC) oleh Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara Associate Professor Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H. bersama Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., Asean Eng., Dekan FEB Untar Dr. Sawidji Widoatmodjo, S.E., M.M., MBA, dan Dosen FEB Untar sekaligus ketua Ikatan Alumni FE Untar Dr. Hadi Cahyadi, S.E., MBA, MCL.

Dalam sambutannya, Ariawan Gunadi menyatakan kebanggaannya pada alumni FEB Untar yang tersebar luas di seluruh Indonesia.

TEF dihadiri Ketua PT Kalbe Farma, Tbk. Bernadette Ruth Irawati Setiady, CEO dan Presiden Direktur PT Indonesian Paradise Property, Tbk. Anthony Prabowo Susilo, dan Direktur Ciputra Group Cipta Ciputra Harun yang membahas peran anggota perusahaan di luar keluarga. (VW/YS/AW)

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week