Pilih Laman
Magister Arsitektur Untar Fasilitasi Pembahasan Aspek Pelestarian Budaya

3 Mei 2023

Oleh: Admin Pusat

Seri Seminar Online ke-27 Magister Arsitektur bertajuk “Heritage and Conservation” diadakan secara daring, Rabu (3/5). 

Ketua Penyelenggara Dr. Eng. Titin Fatimah, S.T., M.Eng. mengatakan seminar ini merupakan kerja sama antar Untar dan PT Propan Raya.

“Acara sebagai bentuk sumbangsih dan penambah wawasan, bukan hanya bagi mahasiswa tetapi juga dosen,” ungkap dosen Magister Arsitektur Untar tersebut.

Dosen SAPPK ITB Prof. Dr-Ing. Ir. Widjaja Martokusumo dalam sesinya mengatakan bahwa pelestarian meliputi aspek budaya, alam, perlindungan dan pengembangan, serta pemanfaatan. 

Menurutnya, pelestarian bukan sekadar pengamatan masa lalu, tetapi juga upaya untuk merelevansikan dinamika yang terjadi untuk menjadi lebih prioritas sehingga ada kebutuhan untuk aktivitas dan fungsi baru. 

“Pelestarian juga menjadi aktivitas yang harus dilihat sebagai proses budaya yang dapat dimanfaatkan dengan cara yang kreatif sehingga menghasilkan identitas,” ungkap Prof. Widjaja.

Di sisi lain, DHDT Architect/Alumrsta Ar. Danang Triatmoko, M.Ars., IAI, AA menjelaskan bahwa heritage dan conservation merupakan proses pemugaran. Latar belakang seperti arsip, literatur, wawancara, serta nilai penting seperti ilmu pengetahuan, kebudayaan dan keagamaan, serta penggalian arkeologi, menjadi unsur-unsur penting dalam kajian identifikasi.

Seminar selanjutnya akan dilaksanakan pada Rabu, 17 Mei 2023 secara daring melalui Zoom dan Youtube Magister Arsitektur Untar. Seri Seminar Online ke-28 ini akan bertemakan “Heritage & Cultural Landscape” yang dibawakan oleh Dr. Ir. Laretna T Adishakti, M.Arch. dan Dr. Eng. Titin Fatimah, S.T., M.Eng. (SA/AW)



Berita terbaru

Agenda

21 Feb Perayaan Imlek Untar
26 Feb Awal Semester Genap TA 2023/2024