Pilih Laman
Perguruan Tinggi Perlu Diberi Kepercayaan Terapkan Program MBKM secara Mandiri

30 Maret 2023

Oleh: Admin Pusat

0

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sejalan pula dengan nilai Integritas, Profesionalisme, dan Entrepreneurship yang dipegang Untar. Sebelum Program MBKM diterapkan, Untar sudah menerapkan perpaduan pembelajaran di dalam kelas dan lapangan, termasuk melakukan konversi nilai bagi mahasiswa yang memiliki prestasi nonakademik dan diakui dalam mata kuliah tertentu. Ditambah berbagai kegiatan lain membuat Untar dinilai sebagai salah satu universitas yang sukses menerapkan MBKM.

Hal tersebut disampaikan Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., IPU, AE saat menjadi salah satu pembicara dalam talk show bertema “Pembangunan Ekosistem Perguruan Tinggi Dalam Rangka Mempercepat Kualitas Dan Keunggulan Bangsa”, Kamis (30/3) di Auditorium Gedung Utama Untar.

Acara ini sebagai bagian dari kegiatan yang diselenggarakan Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta (ABPPTSI) dalam rangka pelantikan kepengurusan periode 2022-2026.

Rektor Untar mengakui pelaksanaan MBKM sebaiknya tidak hanya mengandalkan program dari pemerintah karena kesempatan yang tersedia terbatas. Perguruan tinggi perlu melakukan MBKM secara mandiri karena lebih banyak peluang dapat dilakukan dengan cara tersebut. Selain itu, tentunya dengan melibatkan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan bersama seperti penelitian dan PKM.

“Intinya adalah perguruan tinggi perlu diberi kepercayaan dengan apa yang dilakukan sesuai dengan penjaminan mutu yang diharapkan insititusi,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini dilakukan pula pelantikan pengurus ABPPTSI periode 2022-2026 oleh Ketua Dewan Kehormatan ABPPTSI Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Wiranto, S.H., S.I.P., M.M. yang menjabat juga sebagai Kepala Dewan Pertimbangan Presiden.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem A. Makarim dalam sambutannya menyampaikan besarnya potensi dan peran perguruan tinggi swasta dalam upaya mentransformasi sistem pendidikan di Indonesia. Bila mahasiswa dari lebih 3.000 perguruan tinggi swasta yang ada di Indonesia mengikuti program Kampus Merdeka, dapat dipastikan bangsa ini dapat melompat ke masa depan dengan SDM unggul yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Hadir dalam acara ini Plt. Dirjen Ristekdikti Kemendikbudristek RI Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, AE, Ketua Umum PP ABPPTSI Prof. Dr. Thomas Suyatno, dan Ketua Yayasan Tarumanagara Dr. Ariawan Gunardi, S.H., M.H. (DW/YS/AW)

 

Baca Berita Terkait

 

RRI.co.id
Wiranto Lantik Pengurus Baru Asosiasi BPPTSI Periode 2022-2026

 

Media Indonesia
MBKM Dinilai Mampu Membangun Ekosistem Pendidikan Berkualitas di Perguruan Tinggi

 

Liputan 6
Menteri Nadiem Makarim Sebut Mahasiswa Alumni MBKM Lebih Cepat Dapat Kerja, Apresiasi Kampus Swasta yang Terlilbat

 

MNC Trijaya
Tingkatkan Kualitas Perguruan Tinggi, Wiranto Lantik Pengurus Baru Asosiasi BPPTSI

 

MNC Trijaya
Program MBKM, Nadiem: Buat Mahasiswa Cepat Dapat Kerja 

 

Sonora.id
Mendikbudristek Apresiasi Kampus Swasta yang Terapkan MBKM

 

Gatra.com
Wiranto: Kesenjangan Kualitas Perguruan Tinggi Masih Jadi Tantangan

 

Suara Merdeka
Penjelasan Mendikbud-Ristek Hingga Rektor Untar Soal Manfaat dan Peluang Program MBKM

 

Menara62.com
Menteri Nadiem: Mahasiswa Alumni MBKM Lebih Cepat Dapat Pekerjaan

 

Menara62.com
Wiranto Lantik Pengurus Baru ABPPTSI Periode 2022-2026

 

Medcom.id
Nadiem: Alumni Kampus Merdeka Hanya Butuh 0,3-2,8 Bulan untuk Dapat Kerja

 

Tribun News
Mendikbudristek Nadiem Makarim: Kampus Swasta Berperan Penting dalam Program MBKM

 

Tribun News
Wiranto Akui Masih Ada Kesenjangan Kualitas antara Perguruan Tinggi Negeri & Perguruan Tinggi Swasta

 

Jurnas.com
Nadiem Klaim Mahasiswa Alumni MBKM Lebih Cepat Bekerja

Berita terbaru

Agenda

21 Feb Perayaan Imlek Untar
26 Feb Awal Semester Genap TA 2023/2024