Pilih Laman
Untar Mempertahankan Klaster Mandiri Kemendikbudristek Tahun 2023

10 Maret 2023

Oleh: Admin Pusat

0

Untar berhasil mempertahankan eksistensinya di bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dengan menjadi perguruan tinggi klaster tertinggi yaitu klaster Mandiri untuk Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat tahun 2023 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), setelah perolehan predikat yang sama di beberapa tahun sebelumnya.

Keputusan ini tertuang dalam Keputusan Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Nomor 0241/E5/DT.06.01/2023 tanggal 28 Februari 2023 tentang Penetapan Klasterisasi Perguruan Tinggi berdasarkan Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Klasterisasi perguruan tinggi dibuat sebagai metode dalam mengidentifikasi, mengukur kinerja, dan mengelompokkan perguruan tinggi yang diharapkan dapat mengakselerasikan kinerja perguruan tinggi melalui skema-skema kolaborasi yang menyatukan dan menyinergikan potensi-potensi antar perguruan tinggi lintas klaster dalam peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Klasterisasi dibagi menjadi empat tingkatan, yakni Mandiri, Utama, Madya, dan Pratama.

Hasil tertinggi dalam klasterisasi ini menempatkan Untar sebagai salah satu dari dua Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di wilayah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III dan sebagai PTS top sepuluh di Indonesia.

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan., M.T., M.M., IPU, AE, menyatakan capaian ini menunjukkan kinerja Untar sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik yang sekaligus dipercaya oleh masyarakat.

“Masuk Klaster Mandiri menunjukkan bahwa Untar sebagai salah satu PTS terbaik di tanah air. Pencapaian ini dapat diperoleh atas kinerja dosen bersama mahasiswa yang sangat produktif dalam menghasilkan karya-karya berkualitas serta kolaborasi antar perguruan tinggi baik nasional dan internasional”, ungkapnya.

Kinerja diperhitungkan dari data yang telah diverifikasi dan divalidasi oleh verifikator Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) perguruan tinggi. Data meliputi penulis (author), afiliasi (affiliation), jurnal (journal), penelitian (research), pengabdian kepada masyarakat (community service), kekayaan intelektual (intellectual property rights), dan buku (book).

Klasterisasi perguruan tinggi tahun 2023 didasarkan pada hasil olahan data kinerja perguruan tinggi
berbasis SINTA dalam periode tahun 2019 hingga 2021.

Dari pengumuman Kemendikbudristek, ada 880 perguruan tinggi penyelenggara pendidikan akademik di seluruh Indonesia yang masuk Klasterisasi dengan empat tingkatan, yakni Mandiri, Utama, Madya, dan Pratama. Pada klaster mandiri, terdapat 40 perguruan tinggi negeri dan swasta, salah satunya Untar.

“Kami akan terus meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian masyarakat melalui berbagai skema hibah internal dan eksternal berbasis luaran, fasilitasi dosen dan mahasiswa dalam penelitian dan publikasi dengan membangun kolaborasi yang lebih baik lagi bersama dosen, mahasiswa dan semua mitra Untar, baik di dalam maupun di luar negeri,” demikian Rektor Prof. Agustinus. (YS/AW)

 

Baca Berita Terkait

 

Menara62.com
Untar Raih Klaster Tertinggi Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 2023

RRI.co.id
Raih Klaster Tertinggi Bidang Penelitian, Kokohkan Untar Sebagai PTS Terbaik

Suara Merdeka
Kereen! Untar Sebagai Salah Satu PTS Terbaik, Raih Klaster Tertinggi Bidang Penelitian

Jurnas.com
Untar Pertahankan Klaster Mandiri untuk Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

MNC Trijaya
Raih Prestasi Tertinggi, Untar Berhasil Pertahankan Klaster Mandiri Kemendikbudristek 2023

El John News
Untar Pertahankan Klaster Tertinggi Untuk Kinerja Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Jakarta Review
Dinobatkan Sebagai Salah Satu PTS Terbaik, Untar Raih Klaster Tertinggi Bidang Penelitian

Jakarta Daily
Untar Pertahankan Klaster Mandiri Kemendikbud Ristek Tahun 2023, Masuk Top 10 PTS di Seluruh Indonesia

Kompas.com
Untar Masuk Top 10 Kampus Swasta Klaster Mandiri 2023 dari Kemendikbud

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week