Pilih Laman
Dosen FK Untar Sarankan Orang Tua Perhatikan Gejala Diabetes pada Anak

11 Februari 2023

Oleh: Admin Pusat

300

Laporan dari ikatan dokter anak Indonesia baru-baru ini menyebutkan adanya peningkatan jumlah penderita Diabetes Melitus pada anak. Peningkatan ini sebanyak 70 kali lipat per Januari 2023 dibandingkan tahun 2010. Dari sejumlah anak penderita Diabetes Melitus tersebut, paling banyak adalah pada rentang usia 10-14 tahun (46,23 persen).

Menanggapi hal tersebut dosen Fakultas Kedokteran (FK) Untar Dr. dr. Naomi Esthernita F. Dewanto, Sp.A(K) menyatakan bahwa penyebab anak menderita Diabetes Melitus ada beberapa faktor yaitu kecenderungan genetik, faktor lingkungan, sistem imun, dan gangguan sel beta pankreas.

Menurutnya para orang tua harus mengetahui gejala anak penderita Diabetes Melitus sejak dini agar dapat diambil tindakan pencegahan. Gejala yang harus diperhatikan adalah anak banyak makan dan banyak minum, serta sering buang air kecil atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan 3P: polyphagi, polidipsi, poliuri. Selain itu dapat dilihat dari berat badan yang tambah kurus dan cepat lelah.

“Bagi yang anaknya terkena Diabetes Melitus sebaiknya para orang tua rutin memeriksa gula darah anaknya, melakukan pengobatan dengan benar misalnya mendampingi anaknya saat terapi insulin, perhatikan asupan makanan dan minuman, serta rajin berolahraga,” jelas dokter spesialis anak ini.

Ditambahkannya, penyakit ini memang tidak dapat disembuhkan, tetapi anak dapat menjalani hidup normal seperti anak lainnya bila kadar gula darah dapat terkontrol.

Naomi menyarankan agar orang tua dapat mencegah anaknya terkena Diabetes Melitus dengan mengawasi pola makan dan minum serta jangan terlalu banyak makan makanan yang mengandung karbohidrat dan manis.

“Sebaiknya pilih makanan yang berserat tinggi dan perbanyak buah, sayur serta biji-bijian,” tegasnya. (YS/AW)

Baca Berita Terkait

RRI.co.id
Cegah Diabetes Pada Anak, Dosen FK Untar: Perhatikan Gejalanya

Jakarta Review
Dosen FK Untar Sarankan Orang Tua Perhatikan Gejala Diabetes pada Anak

El John News
Dosen FK Untar Imbau Orang Tua Perhatikan Gejala Diabetes pada Anak

Berita terbaru

Agenda

1 Jan Tahun Baru 2024
1 Jan Dies Natalis FTI