Pilih Laman
Publikasi Dosen dan Mahasiswa Potensi Bawa Untar Menjadi WCU

12 Oktober 2022

Oleh: Admin Pusat

Tahun ini Untar mendapatkan peningkatan kualitas penelitian yang ditandai dengan meningkatnya jumlah publikasi intenasional yang dipublikasikan di media ilmiah seperti jurnal dan konferensi yang terindeks. Publikasi yang berkualitas merupakan cerminan dari penelitian yang berkualitas pula.

Peningkatan kualitas juga dapat dilihat dari semakin bertambahnya kolaborasi dengan berbagai kolega perguruan tinggi luar negeri. Sejalan dengan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dosen berperan sebagai pembimbing kegiatan yang dapat mendorong mahasiswa menghasilkan publikasi dan karya-karya yang bermanfaat bagi masyarakat.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Dr. Ir. Jap Tji Beng, MMSI., Ph.D. saat menyampaikan laporan dalam pembukaan kegiatan Research Week 2022, Rabu (12/10) di auditorium kampus Untar.

Research Week 2022 yang diselenggarakan setiap tahun mengusung tema “Membangun Reputasi Internasional Untar melalui Peningkatan Kinerja Dosen” sebagai bentuk pembangunan atmosfer akademik serta menjadi rangkaian Dies Natalis ke-63 Untar. Kegiatan yang memadukan kinerja dosen dan mahasiswa dari berbagai fakultas ini diisi dengan pemberian penghargaan bagi dosen, pameran poster penelitian, evaluasi hasil penelitian hibah Kemenristekdikti, dan lainnya.

“Ini merupakan wadah pertanggungjawaban para dosen yang dibantu oleh mahasiswa dalam menjalankan tugas penelitian yang inovatif, kreatif, dan PKM yang sejalan dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan nilai IPE Untar yang tujuannya meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian, dan PKM secara berkelanjutan,” tegas Ketua LPPM.

Sementara itu Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purnairawan, M.T., M.M., I.P.U., A.E. menyatakan potensi Untar menjadi world class university (WCU) sangat besar. Hal ini dapat dilihat dari jumlah publikasi internasional yang terus meningkat. Kunci utamanya adalah kolaborasi antara dosen dan mahasiswa

“Target ke depan, LPPM Untar harus dapat mendorong lebih banyak publikasi internasional yang bereputasi,” tambah Rektor.

Kegiatan diisi pemberian penghargaan bagi dosen-dosen yang telah menghasilkan karya penelitian dan publikasi dalam berbagai kategori di antaranya artikel yang terbit di Jurnal Ilmiah Internasional Terindeks Scopus, Jurnal Internasional Terindeks, pembicara di forum ilmiah, dan lain-lain. -SA/YS-

-AW-