Pilih Laman
Agar Tidak Salah Pilih Peminatan, Yuk Ikuti 3 Tips Ini!

17 Januari 2022

Oleh: Admin Pusat

2

Fikom Untar memiliki tiga peminatan, yaitu public relations (humas), jurnalistik, dan advertising  (periklanan). Ketiga peminatan ini bisa mahasiswa pilih ketika akan memasuki semester 3 perkuliahan. Setiap mahasiswa hanya bisa memilih satu peminatan yang sesuai dengan minat dan bakat mahasiswa.

Namun, tidak jarang banyak mahasiswa yang masih bingung dengan passion yang ingin dikembangkan. Apalagi memilih peminatan memang harus dipikirkan matang-matang. Maka dari itu, agar tidak kebingungan, berikut adalah tips agar tidak salah pilih peminatan!

Kenali Potensi Diri

Kamu bisa mulai dengan mencari tahu potensi apa saja yang ada di dalam dirimu. Setiap jurusan memiliki mata kuliah yang banyak. Dari mata kuliah tersebut, kamu bisa melihat langsung mana saja ilmu yang sekiranya kamu kuasai, sukai, dan ingin dikembangkan.

Melakukan Riset 

Tips agar tidak salah memilih peminatan adalah dengan melakukan riset tentang peminatan yang disediakan oleh kampus. Mulailah mencari informasi mata kuliah apa saja yang akan dipelajari dan prospek yang bisa dipilih melalui peminatan tersebut. Setelah itu, pilihlah peminatan yang cocok denganmu.

Konsultasi dengan Dosen dan Kakak Tingkat

Bila masih bingung dan ragu, kamu bisa konsultasi dengan kakak tingkat yang sudah mengambil peminatan dan dosen yang fokus mengajar pada masing-masing peminatan. Dengan begitu, mungkin saja kamu dapat lebih yakin memilih peminatan dan tahu lebih banyak tentang ilmu di setiap peminatan.

Itu dia tips-tips agar tidak salah pilih peminatan. Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu apa saja karakteristik mahasiswa di masing-masing peminatan Fikom Untar. Misalnya, mahasiswa public relations dikenal sebagai seorang yang senang membangun relasi dengan orang lain. Mahasiswa jurnalistik dikenal sebagai seorang yang senang riset, up-to-date, dan kritis. Mahasiswa advertising dikenal sebagai seorang yang kreatif atau berpikir out of the box. Kira-kira, peminatan apa yang ingin kamu pilih? (VY)

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week