Pilih Laman
Untar dan Kanwil DJP ajak Calon Sarjana Belajar Aspek Perpajakan

8 Januari 2021

Oleh: Humas UNTAR

Tax Center Tarumanagara beserta Fakultas Ekonomi & Bisnis Jurusan Akutansi menggandeng Kanwil DJP dalam mengedukasi calon lulusan sarjana Untar untuk memasuki dunia kerja dalam webinar series “Aspek Perpajakan Bagi WPOP Pemula” secara daring, pada Jumat (8/1).

Acara yang dihadiri lebih dari 400 peserta ini menjadi kesempatan bagi Tax Center Untar untuk memberikan bekal serta paham mengenai aspek perpajakan yang nantinya membentuk mahasiswa menjadi wajib pajak yang taat serta berintegritas saat memasuki dunia kerja.

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan memberikan kata sambutan sebagai pembuka dalam acara, “Penting bagi mahasiswa yang nantinya akan membuka usaha maupun industri agar dapat menjalankan usaha dengan baik, mempunyai keuntungan tetapi tetap taat pajak. Kehidupan berbangsa dan bernegara tidak bisa dilepaskan dari bayar pajak, semua lapisan masyarakat harus ikut berkontribusi,” ucapnya. Ia juga mewajibkan untuk setiap program studi ikut serta dalam webinar series ini agar Mahasiswa Untar dapat lebih aktif dan positif mengambil peran dalam perpajakan Indonesia.

Sambutan juga diberikan oleh Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Jakarta Barat yang diwakili oleh Kepala Bidang Data dan Pengawasan Potensi Perpajakan Kanwil DJP Jakarta Barat Mawad Sri Basoeki, “Tajuk dari acara ini adalah mengenai inklusi pajak yang merupakan kesinambungan dari program Direktorat Jenderal Pajak. Acara ini sifatnya introduce atau pengenalan kepada mahasiswa bahwa pajak itu tidak susah. Mahasiswa agar terlebih dahulu mengenal pajak secara lebih baik.”

Dengan moderator Ketua Tax Center Untar Hendro Lukman dan pembicara Kepala Seksi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen Kanwil DJP Jakarta Barat Dani Meisa Handani rangkaian acara dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai gambaran umum mengenai pajak yang merupakan sumber penerimaan terbesar dalam APBN beserta dengan materi mengenai pendaftaran NPWP, tata cara hitung pajak terutang, mekanisme pembayaran pajak dan pelaporan SPT. Dalam hal ini diharapkan mahasiswa dapat memiliki pengetahuan mengenai hak dan kewajiban sebagai wajib pajak.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan ditutup dengan penyampaian saluran komunikasi yang dapat diakses oleh setiap KPP sebagai sarana melakukan konsultasi perpajakan dengan Kepala Seksi Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Jakarta Barat Sri Widyanti. -SA-

-JS-

8 Januari 2021, PKM, KS.

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar