Pilih Laman
Pertemanan yang Sehat

7 September 2020

Oleh: Humas UNTAR

14

Yayasan Tarakanita kembali menggandeng Universitas Tarumanagara dalam seminar online dengan topik “Do I Have Toxic Friendships?”, pada hari Senin (7/9). Seminar kali ini mengundang dua pembicara dari Untar yaitu Indira Mustika Tandiono, S. Psi. dan Stella Tirta, M.Psi., Psikolog dimoderatori oleh guru bimbingan dan konseling SMA Tarakanita Citra Raya Moderator F. Maya Ratih, S.Pd.

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Divisi Pendidikan Yayasan Tarakanita Ambrosius Sigit Kristiantoro, M.Pd. Beliau mengatakan bahwa semua harus tau seperti apa karakteristik pertemanan yang dimiliki, “Mari kita membuka diri agar bisa menjadi sahabat yang hebat, belajar hal-hal baik dalam pertemanan sehingga bisa menjadi kontributor kebaikan dalam setiap aspek kehidupan,” bukanya.

Seminar dilanjutkan dengan Pre-Test yang disediakan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap toxic friendship. Indira memulai sesinya dengan membahas ciri-ciri toxic friendship dan dampak dari toxic friendship dalam upaya mengidentifikasi pertemanan yang tidak baik.

“Jika teman yang baik menerima kamu apa adanya, teman yang toxic mencoba mengubah dan mengontrol diri kalian,” paparnya menjelaskan pertemanan yang tak sehat. Indira juga mengatakan bahwa pertemanan yang tidak baik bisa membawa perubahan terhadap individu seperti merasa kesepian, meningkatnya stress, dan merasa tidak ada dukungan. “Teman yang baik bisa membantu untuk memberikan support,” serunya.

Sesi terakhir dibawakan oleh Stella Tirta, M.Psi., Psikolog. Staf Pengajar Praktik Kerja Profesi Psikologi Klinis, Universitas Tarumanagara ini menjelaskan apa yang menciptakan pertemanan yang baik, penyelesaian konflik yang efektif melalui komunikasi yang baik hingga memperhatikan lingkaran pertemanan.

“Pertemanan itu seperti perjalanan, bisa melihat pemandangan indah, bisa bersenang-senang, dan sebagainya, namun harus diingat perjalanan tidak selalu mulus, pasti ada naik turunnya,” serunya.

Seminar kali ini diikuti kegiatan menarik dari UNTAR dan Yayasan Tarakanita yaitu diadakan lomba menulis essay dengan hadiah saldo dompet digital. -NR-

-JS-

7 September 2020, KS, PKM.

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week