Pilih Laman
Profesi Akuntan Masa Depan

2 Juli 2020

Oleh: Humas UNTAR

Untar bersama University of Technology Sydney dan CPA Australia mengadakan sebuah webinar bertajuk “The Importance of Skills in Data Analytics for Accountants”, Kamis (2/7). Webinar membahas bagaimana para akuntan harus beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan analisa data.
Deputy Head of the Accounting Discipline in the University of Technology Sydney Business School Dr. Amanda White, menjadi narasumber utama.

CPA Australia adalah sebuah badan akuntansi profesional di Australia yang telah berdiri sejak 1886. Saat ini CPA Australia telah memiliki 164,695 anggota yang bekerja di 150 negara berbeda.

Rangkaian acara dibuka oleh sambutan Rektor Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan. Beliau mengatakan bahwa kita semua memasuki era baru dengan persaingan yang begitu tinggi, baik persaingan dengan rekan seprofesi di tingkat nasional maupun internasional, serta persaingan dengan Artificial Intelligence, dan semacamnya. “Jadi, di tengah perkembangan era, profesi akuntan perlu mengembangkan keahlian agar bisa berkompetisi dengan AI dan mampu menggunakan hal tersebut menjadi sesuatu yang menguntungkan,” buka Rektor.

Dilanjutkan sambutan Reza Haviez dari CPA Australia, mengatakan bahwa webinar ini diadakan sebagai bentuk kolaborasi antara Untar dan UTS Australia yang merupakan universitas partner dari CPA Australia. “Kita harus aware terhadap kompetisi dan berusaha agar tidak tertinggal,” serunya.

Dimulai dengan sesi perkenalan, Dr. Amanda White adalah dosen senior yang telah berpengalaman mengajar lebih dari 2 dekade dan memiliki kanal YouTube “AmandaLovesToAudit” untuk membagikan ilmu dengan cara menyenangkan. Menurutnya, pandemi telah menyebabkan banyak kekacauan yang membuat kerugian besar di berbagai sektor bisnis, “Banyak perusahaan (di Australia) sedang menghadapi kebangkrutan di depan mata, dan peran sebagai akuntan diharapkan dapat membantu melalui analitik data,” jelasnya. “Karena baik kita bekerja sebagai auditor, CPA, atau lainnya. Semua memerlukan data analytics untuk membuat keputusan yang tepat atau untuk menganalisa segala sesuatu hal,” tambahnya. -NR-

-JS-

2 Juli 2020, KS

 

Berita terbaru

Agenda

17 Nov KBGI XIII
17 Nov Seminar Humaniora
24 Nov ICEBM