Pilih Laman
Yuk Cermati, 5 Cara Anti-Hoaks

19 Mei 2020

Oleh: Admin Pusat

2

Hoaks adalah berita kebohongan yang menyesatkan. Hoax muncul dengan penambahan maupun pengurangan kalimat. Hoaks bisa juga berupa berita baru yang diciptakan atau dikarang dan tidak sesuai dengan realitas kenyataan. Melihat setiap individu memiliki akses yang tampaknya tidak terbatas ini, bagaimana mereka dapat memisahkan fakta dengan hoaks?

Dalam ujian akhir semester mata kuliah Media Sosial yang bekerja sama dengan Kemkominfo BPSDMP Kominfo Manado ini, bertujuan untuk membantu mensosialisasikan kampanye melawan hoaks dengan konten di Instagram. Mahasiswa dapat menggunakan kreativitasnya untuk menghasilkan kampanye konten yang bertemakan “Ruang Digital Sehat.” Salah satu mahasiswa yang bernama Difdha Aurellia B.P.S telah menciptakan sebuah kampanye berupa konten dengan judul “Yuk Cermati, 5 Cara Anti-Hoaks”.

Ia membagikan lima cara dalam menggunakan media sosial dengan bijak dan membudayakan internet sehat. Lima cara tersebut adalah (1) Berhati-hati dengan judul yang provokatif; (2) Mencari tahu keaslian alamat situs lama; (3) Mengecek keaslian foto; (4) Memeriksa fakta berdasarkan tulisan tersebut; dan (5) Ikut serta dalam grup diskusi anti-hoaks. (CA)

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week