Pilih Laman
Suasana Akademik di Kalangan Dosen

8 Juni 2017

Oleh: Admin Pusat

Pada 5 Mei – 11 Juni 2017 kesibukkan dosen-dosen tampak meningkat, selain dari kegiatan rutin dalam mengajar dan mempersiapkan ujian akhir semester. Dosen-dosen Fakultas Psikologi berperan aktif dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi selain pada bidang pengajaran juga pada bidang Penelitian dan bidang Pengabdian kepada Masyarakat.

Pada periode kali ini, penyusunan proposal penelitian dan juga proposal pengabdian kepada masyarakat adalah untuk menjawab ajakan dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan – Kementrian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti). Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan memberi kesempatan kepada dosen tetap Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) untuk mengajukan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk pendanaan tahun 2018.

Kemendristekdikti mendanai penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dikelompokkan berdasarkan beberapa skema sebagai berikut: a. Skema Penelitian Dasar Penelitian Kerja Sama Luar Negeri (PKLN).-  Penelitian Berbasis Kompetensi (PBK).-  Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi (PDUPT). b. Skema Penelitian Terapan Penelitian Strategis Nasional (PSN).-  Penelitian Penciptaan dan Penyajian Seni (P3S).-  Penelitian Unggulan Strategis Nasional (PUSN).-  Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT).-  Penelitian Pengembangan Unggulan Perguruan Tinggi (PPUPT) c. Skema Penelitian Peningkatan Kapasitas Penelitian Dosen Pemula (PDP).-  Penelitian Kerja Sama antar Perguruan Tinggi (PKPT).-  Penelitian Tim Pascasarjana (PTP).-  Penelitian Disertasi Doktor (PDD).-  Penelitian Pascadoktor (PPD). d. Skema Pengabdian Kepada Masyarakat Program Kemitraan Masyarakat (PKM).-  Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK).-  Program Pengembangan Produk Eksport (P3E).-  Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (P3UD).-  Program Pengembangan Unit Produk Intelektual Kampus (P2UPIK).-  Program Kemitraan Wilayah (PKW).-  Program Kemitraan Wilayah (PKW-CSR).-  Program Pengembangan Desa Mitra (P2DM).-  Program Hi-Link.-  Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKNPPM).  Tampak beberapa gambar dosen-dosen berkelompok dan berdiskusi mengenai proposal yang hendak diajukan.   (Enes)