Pilih Laman
“Salam Komunikasi” pada Hari Komunikasi Nasional 2016

13 Oktober 2016

Oleh: Admin Pusat

Tanggal 12 Oktober merupakan hari penting bagi para sarjana, praktisi dan akademisi di bidang komunikasi, khususnya yang bernaung di dalam Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI). 12 Oktober merupakan tanggal yang telah ditetapkan sebagai Hari Komunikasi Nasional (Harkomnas). Pada tahun ini, penyelenggaraan Harkomnas diadakan di kota Makasar. Perayaan tersebut dirangkai dalam berbagai bentuk aktivitas yang berlangsung selama tiga hari, sejak tanggal 11 sampai 13 Oktober 2016.

Acara utama dari penyelenggaraan Harkomnas berpusat pada Konferensi Nasional Komunikasi (KNK) yang kali ini mengusung tema “Kecerdasan Komunikasi, Mencerdaskan Kehidupan Bangsa”. Tema ini dipilih dengan tujuan untuk memberi ruang pada berbagai pemikiran dan hasil riset di bidang komunikasi yang membantu pemecahan berbagai persoalan bangsa. Selain itu, penyelenggaraan Hakornas juga diisi dengan berbagai kegiatan lain seperti Forum Guru Besar, dimana para professor komunikasi memberikan pandangannya mengenai berbagai isu terkini; Media Forum yang menghadirkan para pelaku industri media penyiaran; pelatihan penulisan buku serta Hak Kekayaan Intelektual (HKI), dsb.

Selama acara berlangsung, para peserta secara bergantian diabadikan dengan menyusun jari seperti membentuk huruf “K”. Susunan tiga jari ke dalam format huruf K ini memang telah disepakati sebagai simbol “Salam Komunikasi”, khususnya bagi sarjana, praktisi dan akademisi komunikasi yang tergabung di dalam ISKI. Perhelatan akbar ini dinakhodai oleh Donny de Keizer, sebagai Ketua Panitia Harkomnas 2016. Donny de Keizer, adalah koordinator mata kuliah Event Organizer di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara (FIKom Untar). Di dalam perayaan tersebut hadir pula Pj Dekan Fikom Untar, Dr. Riris Loisa, M.Si yang juga merupakan pengurus ISKI. (RL)