Pilih Laman
Dualitas dalam New media

31 Agustus 2016

Oleh: Admin Pusat

Selasa (30/8) Kelas Kapita Selekta di FIKom UNTAR kedatangan seorang trainer dan media konsultan Agus Sudibyo. Dalam kelas tersebut, mahasiswa diajak untuk mengenali new media secara kritis.

New media adalah medium digital yang menggunakan internet seperti sosial media, portal berita online, mesin pencari, dan lain sebagainya. Kita menghabiskan waktu yang cukup banyak dalam menggunakan new media. Disamping memberikan hiburan dan informasi, ternyata new media juga memberikan kerugian. Hal ini disebut dualitas dalam new media. “Ketika kita menggunakan Facebook, Facebook menanyakan informasi pribadi seperti apa hal yang kita sukai, merekam semua status dan foto kita. Itu menjadi data yang diberikan kepada para pengiklan dan dari sana Facebook mendapatkan keuntungan. Namun kita tidak lagi memiliki privasi,” jelas Agus.

Selain privasi para pengguna dihilangkan, new media juga dapat mempersempit lapangan pekerjaan. “Banyak orang yang sudah membaca berita melalui portal berita online, hal ini menyebabkan penurunan pada penjualan koran. Penurunan penjualan tersebut bisa membuat loper koran kehilangan pekerjaannya,” ucap Agus. (S/A/L)

Berita terbaru

Agenda

17 Nov KBGI XIII
17 Nov Seminar Humaniora
24 Nov ICEBM