Pilih Laman
Understanding the Pure Essence of Leadership

29 Februari 2016

Oleh: Admin Pusat

Latihan Kepemimpinan: Memahami Arti Sebuah Kepemimpinan LK DPM Training Eksternal dengan tema “ BERMIMPI” Berani Untuk Memimpin periode ini dilaksanakan pada tanggal 26-28 Februari 2016 bertempat di Villa Padesa Maison, Bogor. Meskipun cuaca pada hari keberangkatan kurang mendukung karena hujan, ternyata hal itu tidak memengaruhi semangat para peserta untuk mengikuti Training tersebut. Acara ini merupakan program tahunan yang dilaksanakan oleh Dewan Pertimbangan Mahasiswa (DPM) FIKom UNTAR.

Sesampainya peserta di Villa, acara dibuka dengan kata sambutan dari Ketua Pelaksana yaitu Clara Claudia Matara dan dilanjutkan dengan perkenalan semua panitia. Hari itu, peserta dilatih menjalin kekompakan dengan kelompok masing-masing melalui berbagai kegiatan yang menyenangkan, misalnya masing-masing kelompok yang sudah terbentuk diminta untuk membuat yel yel dengan gerakan yang khas dan unik. Yel-yel tersebut ditampilkan tiap kali peserta mengikuti games. Tak hanya itu, untuk mengasah kemampuan berkomunikasi dan kerja sama tim, mereka berpartisipasi dalam sesi debat dengan beberapa topik yang berbeda. Sesi tersebut juga dimaksudkan untuk membuka wawasan dan bertukar pendapat antarpeserta. Pudek FIKom UNTAR yaitu Dr. Riris Loisa, M.Si bersama beberapa dosen FIKom UNTAR G. Genep Sukendro, M.Si, Farid Rusdi, M.Si turut hadir mendukung acara ini. Tidak hanya para dosen, senior dari Fikom UNTAR pun hadir untuk sharing pengalaman mereka kepada para peserta.

Di sesi tanya jawab para peserta memanfaatkan kesempatan dengan bertanya dan berdiskusi dengan para narasumber mengenai bagaimana membuka wawasan dan membentuk keberanian untuk mempimipin. Tanpa terasa waktu demikian cepat berlalu.  Di hari terakhir setelah satu sesi sharing dari senior FIKom UNTAR para peserta mengikuti sesi foto bersama yang dibantu oleh anggota I-Focus FIKom Untar. Tentu saja sepulangnya peserta dari Training, diharapkan para mahasiswa FIKom UNTAR yang menjadi peserta dalam acara ini dapat saling mengakrabkan diri dan berani memimpin seperti yang diungkapkan oleh ketua panitia: “Semoga setelah LK ini, peserta bisa semakin memahami apa arti dari sebuah kepemimpinan dalam diri mereka, dan juga semoga sepulangnya dari LK ini peserta bisa semakin solid dan dekat tanpa memandang angkatan,“ ujar Clara. (CN)