Pilih Laman
Herman Cahyadi Raih Gelar Doktor dengan Penelitian tentang Strategi Meningkatkan Keterlibatan Karyawan di Startup Gojek

22 Januari 2025

Oleh: Admin

Dok: Humas Untar – VC

Herman Cahyadi resmi meraih gelar doktor dari Program Studi Doktor Ilmu Manajemen (DIM) Pascasarjana Universitas Tarumanagara (Untar) setelah sukses mempertahankan disertasinya dalam sidang terbuka pada Rabu (22/01/2025). Sidang tersebut dipimpin oleh Rektor Untar, Prof. Dr. Amad Sudiro, S.H., M.H., M.Kn., M.M., dengan tim penguji yang terdiri dari Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., IPU., A.E., serta promotor utama Prof. Dr. Haris Maupa, S.E., M.Si., dan promotor pendamping Dr. Sarwo Edy Handoyo, S.E., M.M., CIFM.

Disertasi Herman berjudul “Pengaruh Entrepreneurial Orientation dan Personality Traits Terhadap Work Engagement melalui Person-Environment Fit yang Dimoderasi oleh Job Satisfaction pada Karyawan Startup Gojek Indonesia”. Dalam sidang yang berlangsung di Auditorium Kampus I Untar, ia berhasil mempertahankan penelitiannya dengan predikat sangat baik.

Bekerja sebagai Head of People & Culture dan Head of HR Operation pada perusahaan Gojek, Herman meneliti dan membahas tiga pilar utama layanan Gojek: mobilitas, makan & belanja, serta logistik. Hasilnya menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan (entrepreneurial orientation) dan sifat kepribadian karyawan (personality traits) secara signifikan memengaruhi person-environment fit, yang pada akhirnya berdampak pada keterlibatan kerja (work engagement). Namun, penelitian ini menemukan bahwa kepuasan kerja (job satisfaction) tidak memoderasi hubungan antara person-environment fit dan work engagement.

Dalam sambutannya setelah sidang, Herman yang menjadi lulusan Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Untar ke-16, mengungkapkan rasa syukurnya. “Menjadi doktor di Untar mungkin bukan tujuan awal saya, tetapi kesuksesan datang melalui usaha dan konsistensi,” ujarnya.

Temuan disertasi ini memberikan masukan penting bagi Gojek untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih selaras dengan karakteristik karyawan, sehingga dapat meningkatkan keterlibatan kerja mereka. Hal ini diharapkan berujung pada peningkatan kualitas layanan yang dirasakan pelanggan Gojek. (VC/AJ/YS/VC)

Berita terbaru

Agenda

 

16-24 Jul PEKERTI Batch 2 2024
18 Jul International Seminar: Antibiotics Resistance
31 Jul Batas Akhir Pendaftaran Mahasiswa Baru 2024/25
14-16 Aug PKKMB Untar 2024/25
17 Aug HUT ke-79 Proklamasi RI