Pilih Laman
Menggali Potensi Inovasi melalui MBKM Lintas Prodi di Untar

3 Juli 2024

Oleh: Admin

Dok: Humas Untar

Dalam era globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat, kolaborasi antar disiplin ilmu menjadi semakin penting untuk menciptakan inovasi yang berkelanjutan.

Melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Untar membuka peluang bagi mahasiswa untuk belajar lintas program studi (prodi), memperkaya pengalaman akademik mereka dan meningkatkan kemampuan berkolaborasi.

Apa itu MBKM Lintas Prodi?

MBKM Lintas Prodi bertujuan untuk memberikan kebebasan bagi mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di luar program studinya.

Di Untar, program ini memungkinkan mahasiswa untuk mengeksplorasi bidang-bidang lain yang berbeda dari disiplin ilmu utama mereka, dengan tetap mendapatkan pengakuan satuan kredit semester (sks) yang sesuai.

Manfaat Kolaborasi Antar Disiplin Ilmu

1. Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi
Mahasiswa dari berbagai program studi dapat berbagi perspektif dan pendekatan yang berbeda terhadap suatu masalah. Ini mendorong terciptanya solusi yang lebih kreatif dan inovatif.

2. Memperluas Jaringan dan Koneksi
Berinteraksi dengan mahasiswa dari prodi lain membantu memperluas jaringan sosial dan profesional. Kolaborasi ini juga membuka peluang untuk proyek bersama yang lebih besar di masa depan.

3. Mengembangkan Keterampilan Interdisipliner
Dalam dunia kerja yang kompleks, kemampuan untuk bekerja dalam tim yang terdiri dari individu dengan latar belakang yang beragam sangat dihargai. Melalui MBKM Lintas Prodi, mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan ini sejak dini.

Kolaborasi Inovatif di Untar

Di Untar, kolaborasi lintas prodi telah menghasilkan banyak karya. Salah satunya adalah kolaborasi mahasiswa program studi Manajemen Bisnis dan Desain Komunikasi Visual.

Kolaborasi ini menciptakan kampanye pemasaran yang efektif dan kreatif. Hal ini diimplementasikan pada Entrepreneur Week ke-20 yang dilaksanakan di Emporium Pluit Mall, Kamis (6/6).

Selain itu, mahasiswa Teknik Informatika yang mengambil mata kuliah lintas prodi di Manajemen Bisnis juga berpotensi untuk memadukan kedua disiplin ilmu dan menciptakan berbagai inovasi di bidang technopreneurship.

MBKM Lintas Prodi di Untar bukan hanya sekadar program akademik, tetapi juga menjadi wadah untuk mengeksplorasi potensi diri, memperkaya pengalaman, dan menciptakan inovasi.

Melalui kolaborasi antar disiplin ilmu, mahasiswa dapat mengembangkan berbagai keterampilan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja masa kini.

Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, Untar terus mendukung mahasiswa untuk menjadi pribadi yang unggul dan siap menghadapi tantangan global. (KJ/YS/KJ)

Berita terbaru

Agenda

 

16-24 Jul PEKERTI Batch 2 2024
18 Jul International Seminar: Antibiotics Resistance
31 Jul Batas Akhir Pendaftaran Mahasiswa Baru 2024/25
14-16 Aug PKKMB Untar 2024/25
17 Aug HUT ke-79 Proklamasi RI