Pilih Laman
Hari Musik Sedunia Momen Rayakan Keindahan Musik

21 Juni 2024

Oleh: Admin

Dok: Humas Untar – AW

Hari Musik Sedunia yang jatuh pada tanggal 21 Juni setiap tahunnya merupakan momen yang tepat untuk merayakan keindahan musik dan pengaruhnya dalam kehidupan kita.

Musik adalah bahasa universal yang melintasi batas-batas budaya, bahasa, dan latar belakang, menyatukan kita dalam harmoni yang indah.

Pada hari istimewa ini, kita diajak untuk merenungkan betapa pentingnya musik dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana musik bisa menjadi alat yang kuat untuk perubahan sosial dan kultural.

Sejarah Hari Musik Sedunia

Hari Musik Sedunia pertama kali dicetuskan pada tahun 1982 di Prancis dengan nama “Fête de la Musique”. Gagasan ini dicetuskan oleh Jack Lang, Menteri Kebudayaan Prancis saat itu, dan Maurice Fleuret, seorang komposer sekaligus direktur musik.

Sejak itu, Hari Musik Sedunia telah berkembang menjadi perayaan global yang melibatkan lebih dari 120 negara. Hingga saat ini, musisi dari berbagai genre tampil di jalan-jalan, taman, dan tempat umum lainnya, memberikan pertunjukan gratis yang bisa dinikmati oleh semua orang.

Musik dan Pendidikan

Di Indonesia, berbagai institusi pendidikan juga turut merayakan Hari Musik Sedunia dengan caranya masing-masing. Tak terkecuali Untar, melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Universitas Tarumanagara (PSUT).

Penampilan UKM PSUT pada Perayaan Natal 2023 // Dok: Humas Untar – AW

PSUT tidak hanya menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan bakat musik mereka, tetapi juga mengukir berbagai prestasi gemilang, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Salah satu pencapaian terbaru dan membanggakan adalah keberhasilan PSUT meraih empat medali emas di Karangturi International Choir Competition (KICC) 2023 di Semarang.

Prestasi ini menunjukkan dedikasi dan kerja keras dari seluruh anggota paduan suara, serta bimbingan dan dukungan dari para pelatih dan Untar.

Kemenangan ini tidak hanya mengharumkan nama Untar, tetapi juga menjadi inspirasi bagi komunitas musik di Indonesia.

Selain PSUT, UKM Band Tarumanagara (BAR) juga berperan aktif dalam mengembangkan bakat musik mahasiswa.

BAR menyediakan platform bagi mahasiswa yang tertarik dengan musik band untuk berlatih, berkreasi, dan tampil di berbagai acara.

Pada April 2023 silam, BAR juga meluncurkan album “Nightly Wander” yang tersedia di seluruh platform musik.

Hal ini menunjukkan komitmen BAR dalam bermusik dan memberikan ruang bagi mahasiswa untuk berkarya dan berekspresi.

Hari Musik Sedunia merupakan kesempatan untuk merayakan kontribusi musik dalam kehidupan kita. Dari melodi yang menenangkan hingga lirik yang menginspirasi, musik terus menjadi sumber kebahagiaan dan penghiburan.

Selamat Hari Musik Sedunia, mari kita sambut dengan penuh sukacita dan kebanggaan.

Artikel disusun dari beberapa sumber (KJ/AW/KJ)

Berita terbaru

Agenda

 

16-24 Jul PEKERTI Batch 2 2024
18 Jul International Seminar: Antibiotics Resistance
31 Jul Batas Akhir Pendaftaran Mahasiswa Baru 2024/25
14-16 Aug PKKMB Untar 2024/25
17 Aug HUT ke-79 Proklamasi RI