Pilih Laman
Psikolog Lulusan Untar Siap Bantu Masyarakat yang Membutuhkan

4 Juni 2024

Oleh: Admin

Dok: Humas Untar – AW

Fakultas Psikologi (FPsi) Untar menyelenggarakan acara Pelantikan Psikolog Angkatan ke-36 Program Studi (Prodi) Magister Psikologi Profesi di Auditorium Kampus I Untar, Selasa (4/6).

Pelantikan kali ini melantik 15 psikolog baru yang terdiri dari 10 lulusan bidang kajian Psikologi Klinis dan lima lulusan bidang kajian Psikologi Industri dan Organisasi.

“Semua psikolog baru siap berpraktik dan berkontribusi untuk masa depan, membantu masyarakat yang membutuhkan,” ungkap Dekan FPsi Untar Sri Tiatri, Ph.D., Psikolog.

Foto bersama seluruh psikolog baru // Dok: Humas Untar – AW

Dalam sambutannya, Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., ASEAN Eng. mengimbau agar para lulusan tetap menerapkan nilai-nilai integritas, profesionalisme, dan entrepreneurship ke masyarakat luas.

Ia berharap lulusan dapat memenuhi kebutuhan serta memberikan rasa aman dan nyaman kepada pasien.

Salah satu lulusan, Ida Ayu Kencana Jalatri Samgara Putri yang berasal dari Bali mengatakan tesisnya yang berjudul “Efektivitas Art Therapy pada Pengendalian Perilaku Negatif Pasien Skizofrenia di Provinsi Bali” ditujukan untuk tanah kelahirannya.

“Saya ingin mengangkat budaya Bali dalam membantu memulihkan orang-orang dengan skizofrenia,” ungkap perempuan yang akrab disapa Caca tersebut.

Skizofrenia sendiri merupakan gangguan mental yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk berpikir, merasakan, dan berperilaku dengan baik. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 20 juta orang di seluruh dunia diperkirakan menderita skizofrenia.

Lebih lanjut, dirinya juga mengungkapkan keinginannya untuk membantu perkembangan ilmu psikologi terkait dengan budaya.

Zamia saat menyampaikan kesan pesan berkuliah di Untar // Dok: Humas Untar – AW

Zamia Safira mewakili seluruh lulusan menyampaikan apresiasi kepada seluruh dosen dan staf yang telah membantu dan membimbing selama mengemban pendidikan psikologi profesi.

“Pembelajaran di Untar tidak hanya teori, tetapi juga praktik dunia nyata, sehingga membantu menyiapkan kami masuk dunia profesional,” ucapnya.

Alumni Sarjana Psikologi Untar tersebut juga berpesan kepada seluruh mahasiswa agar dapat aktif secara akademik dan nonakademik.

Penandatanganan MoU Untar dengan Panti Asuhan Kasih Anugerah // Dok: Humas Untar – AW

Pada acara pelantikan ini juga dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Panti Asuhan Kasih Anugerah.

MoU diharapkan dapat memperkuat keterlibatan Untar kepada masyarakat yang membutuhkan, khususnya dalam pembinaan di bidang psikologi. (CS/AW/KJ)

Berita terbaru

Agenda

 

16-24 Jul PEKERTI Batch 2 2024
18 Jul International Seminar: Antibiotics Resistance
31 Jul Batas Akhir Pendaftaran Mahasiswa Baru 2024/25
14-16 Aug PKKMB Untar 2024/25
17 Aug HUT ke-79 Proklamasi RI