Pilih Laman
Kolaborasi Indonesia dan Malaysia Dukung Tercapainya SDGs

28 Mei 2024

Oleh: Admin

Dok: Humas Untar – KJ

Delegasi Untar menghadiri acara “Temu Dubes Malaysia 2024” yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Malaysia, Selasa (28/5) di Dewan Serbaguna, Kedutaan Besar Malaysia Jakarta (KBMJ).

Acara ini merupakan sesi interaksi antara Duta Besar (Dubes) Malaysia dengan mahasiswa/i dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dengan topik “Hubungan Bilateral Malaysia dan Republik Indonesia”.

Dubes Malaysia ke Republik Indonesia TYT Dato’ Syed Mohamad Hasrin Tengku menyoroti hubungan ekonomi yang kuat antara Indonesia dan Malaysia.

Berdasarkan data yang ditampilkan oleh KBMJ, Indonesia merupakan mitra dagang ketujuh terbesar bagi Malaysia, dengan nilai transaksi mencapai USD 24,39 miliar. Sedangkan, Malaysia merupakan mitra dagang kelima terbesar bagi Indonesia, dengan nilai transaksi mencapai USD 4,1 miliar.

Dubes Malaysia juga menyoroti pentingnya kerja sama dalam bidang pendidikan antara kedua negara.

“Kerja sama antara Indonesia dan Malaysia dalam bidang pendidikan telah berlangsung sejak Malaysia baru memperoleh kemerdekaannya dan masih terus berlanjut hingga saat ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Dubes Malaysia mengungkapkan bahwa terdapat banyak kesamaan antara Indonesia dan Malaysia. Ia berpendapat bahwa kesamaan ini menjadi suatu kelebihan dan dapat dimanfaatkan untuk memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

“Jika kedua negara dapat berkolaborasi dengan baik, ini dapat mendukung tercapainya 17 tujuan SDGs,” pungkasnya.

Daniel Putra Jaya, salah satu mahasiswa Untar yang turut hadir, mengungkapkan bahwa acara ini memberikan wawasan yang mendalam mengenai hubungan antara Indonesia dan Malaysia.

Delegasi Untar bersama Dubes Malaysia ke Republik Indonesia // Dok: Humas Untar

“Mengetahui hubungan antara Indonesia dan Malaysia sejak dahulu, terutama dalam bidang ekonomi, budaya, dan pendidikan, sangat membuka mata saya tentang pentingnya kerja sama antara kedua negara,” ujar mahasiswa Ilmu Komunikasi tersebut.

Pada kesempatan tersebut, dihadirkan jamuan makan malam dengan hidangan khas Malaysia, seperti roti canai, nasi lemak, hingga teh tarik.

Acara ini dihadiri oleh mahasiswa/i dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia serta rekan media. (KJ/AW/KJ)

Berita terbaru

Agenda