Pilih Laman
Rektor Untar Bagikan Tips Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Era Digital

23 Mei 2024

Oleh: Admin

Dok: Humas Untar – KJ

Rektor Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., ASEAN Eng. menjadi narasumber dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Guru dan Karyawan SDK Sang Timur DKI – Banten.

Acara dengan tema “Maju Bersama Tingkatkan Kualitas Pelayanan Pendidikan yang Ramah, Integritas, dan Kolaboratif dalam Spirit Manete in Me” berlangsung di Aula SMAK Sang Timur Tomang, Kamis (23/5).

Membuka sesinya, Agustinus menyoroti betapa sulitnya akses pendidikan di daerah yang minim fasilitas dan perjuangan guru untuk mengajar dalam kondisi yang sangat terbatas.

Agustinus menyampaikan betapa beruntungnya para guru di Jakarta dengan segala fasilitas yang memadai. Perjuangan para guru di daerah terpencil harus menjadi inspirasi untuk bekerja lebih keras dan lebih kreatif.

Dalam kesempatannya, Agustinus menekankan pentingnya kreativitas dan totalitas dalam pelayanan pendidikan. Menurutnya, guru di kota besar seperti Jakarta harus mampu memberikan pendidikan yang lebih baik dibandingkan dengan guru di daerah terpencil.

“Jika mereka dengan segala keterbatasannya dapat memberikan yang terbaik, maka kita seharusnya dapat jauh lebih baik lagi,” tegasnya.

Lebih lanjut, Agustinus membahas tentang pentingnya kompetensi digital bagi para guru di era digital. Pendidik harus dapat menguasai teknologi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Ia juga mengingatkan bahwa pendidikan bukan hanya tentang transfer ilmu pengetahuan, tetapi juga pembentukan karakter.

“Kita harus mengajarkan kepada siswa tentang nilai-nilai kehidupan yang baik dan benar. Pendidikan karakter sangat penting untuk membentuk generasi yang unggul,” ujarnya.

Dalam sesi tanya jawab, Agustinus menjawab berbagai pertanyaan dari para guru tentang tantangan dalam mengelola sekolah dan bagaimana meningkatkan kualitas pendidikan.

Ia memberikan saran agar sekolah lebih banyak berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

“Kolaborasi dengan pihak lain sangat penting. Kita tidak bisa berjalan sendiri. Dengan bekerja sama, kita bisa mencapai hasil yang lebih baik,” tutup Agustinus. (KJ/AW/KJ)

Berita terbaru

Agenda