Pilih Laman
Hari Kebebasan Pers Sedunia Pertahankan Kebebasan Berekspresi

3 Mei 2024

Oleh: Admin

Setiap tanggal 3 Mei, dunia memperingati Hari Kebebasan Pers Sedunia sebagai penghormatan terhadap hak fundamental untuk menyampaikan informasi tanpa hambatan atau intimidasi.

Peringatan ini menjadi momen untuk merenungkan betapa vitalnya kebebasan pers dalam memelihara demokrasi yang sehat dan memberdayakan masyarakat.

Kebebasan pers bukan sekadar hak, melainkan fondasi yang mendukung perkembangan masyarakat yang terinformasi dan terlibat. Di tengah dinamika global, media berperan sebagai penjaga kebenaran dan penyalur aspirasi masyarakat.

Dalam setiap teks yang diterbitkan dan setiap gambar yang ditampilkan, terdapat kekuatan untuk mengubah opini, memicu perubahan, dan mendorong pertumbuhan.

Tanpa kebebasan pers, masyarakat akan terperangkap dalam kabut ketidakpastian, terpinggirkan dari informasi krusial, dan rentan terhadap manipulasi.

Oleh karena itu, setiap upaya untuk menekan kebebasan pers merupakan ancaman terhadap fondasi demokrasi dan hak asasi manusia.

Masyarakat turut berperan penting dalam menjaga kebebasan pers, salah satunya dengan memeriksa kredibilitas informasi yang diterima.

Ketika menerima suatu informasi, hendaklah untuk melakukan klarifikasi terlebih dahulu sebelum disebarluaskan agar tidak terlibat dalam penyebaran informasi bohong (hoax).

Hari Kebebasan Pers Sedunia adalah pengingat akan hak yang harus dijaga bersama, serta tanggung jawab kolektif kita untuk melindungi kebebasan berekspresi.

Di tengah perubahan global yang cepat, mari kita bersatu dalam memperjuangkan kebebasan pers sebagai pilar demokrasi dan fondasi untuk masyarakat yang adil dan beradab.

Mari kita bergabung dalam peringatan ini dengan komitmen untuk mendukung dan memperjuangkan kebebasan pers, bukan hanya pada tanggal 3 Mei, tetapi setiap hari, demi masyarakat yang lebih baik dan dunia yang lebih berwawasan. (KJ/AW/KJ)

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week