Pilih Laman
HUT ke-78 TNI AU, Mengenang Perjalanan TNI AU

9 April 2024

Oleh: Admin

Ilustrasi: Galeri TNI AU

Setiap tahun tanggal 9 April, bangsa Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) dengan penuh kebanggaan dan semangat patriotisme.

Sejarah lahirnya TNI AU bermula dari pembentukan Badan Keamanan Rakyat (BKR) pada tanggal 23 Agustus 1945, sebagai langkah awal untuk memperkuat Armada Udara yang pada waktu itu mengalami kekurangan pesawat terbang dan fasilitas lainnya.

Dalam perjalanannya, BKR berubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) Jawatan Penerbangan pada tanggal 5 Oktober 1945, di bawah pimpinan Komodor Udara Soerjadi Soerjadarma.

Pada tanggal 23 Januari 1946, TKR Jawatan Penerbangan kembali bertransformasi menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI) Jawatan Penerbangan sebagai bagian dari perkembangan Angkatan Udara.

Kemudian, pada tanggal 9 April 1946, TRI Jawatan Penerbangan resmi ditingkatkan menjadi Angkatan Udara Republik Indonesia atau lazim dikenal dengan sebutan AURI. Peningkatan ini membuatnya sejajar dengan Angkatan Darat dan Angkatan Laut.

Hingga tahun ini, TNI AU telah mempertahankan kedaulatan negara dan menjaga perdamaian di wilayah udara selama 78 tahun.

Sejarah panjang TNI AU telah membuktikan peran pentingnya dalam menjaga keutuhan negara serta memberikan kontribusi besar dalam berbagai kegiatan kemanusiaan, bantuan bencana, dan pembangunan nasional.

Dengan dedikasi, latihan yang intensif, serta penerapan teknologi, TNI AU terus meningkatkan kesiapannya dalam menghadapi berbagai tantangan zaman.

Peringatan HUT TNI AU bukan hanya momen perayaan semata, tetapi juga momen untuk merenungkan pencapaian, menghargai pengorbanan, dan menguatkan tekad untuk menjaga kedaulatan udara Indonesia.

Dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika, prajurit TNI AU dari berbagai latar belakang etnis, suku, dan agama bersatu untuk menjaga kedaulatan negara.

Bertemakan “TNI AU yang Disegani di Kawasan Siaga Senantiasa Mengamankan Kedaulatan Wilayah Udara Nasional untuk Indonesia Maju”, peringatan HUT ke-78 TNI AU menjadi momentum untuk mengenang jasa para pahlawan udara yang telah gugur demi kemerdekaan dan kedaulatan udara bangsa.

Mari kita dukung TNI AU dalam menjalankan tugasnya menjaga ruang udara Indonesia dari berbagai ancaman, sehingga Indonesia tetap menjadi negara yang aman, damai, dan sejahtera.

Semoga semangat juang dan dedikasi para prajurit TNI AU selalu menyala, membawa Indonesia menuju masa depan yang gemilang.

Selamat HUT ke-78 TNI AU.

Artikel disusun dari beberapa sumber (KJ/AW/KJ)

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week