Pilih Laman
Moeldoko Paparkan Visi Indonesia Emas 2045 di Untar

19 Maret 2024

Oleh: Admin

Kepala Staf Kepresidenan Indonesia yang juga Ketua Umum Perkumpulan Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) Jend. TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko. S.I.P. menjadi dosen tamu pada kuliah umum bertema “Untar untuk Indonesia dan Dunia: “Leadership Mahasiswa Menuju SDM Unggul untuk Indonesia Emas 2045” di Auditorium Kampus I Untar, Selasa (19/3).

Moeldoko dalam paparannya yang berjudul “Peluang dan Tantangan Kaum Muda Menuju Indonesia Emas 2045” mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki banyak orang muda yang dapat membawa Indonesia maju.

Hal ini membuat Indonesia memiliki potensi untuk menjadi sebuah negara maju dengan daya saing dan penghasilan tinggi, sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045.

Untuk mencapai visi tersebut di tahun 2045, diperlukan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan bertalenta dengan daya saing tingkat internasional.

Namun, statistik menunjukkan bahwa Indonesia masih tertinggal dalam beberapa aspek yang berkaitan dengan SDM.

Menyikapi hal tersebut, Moeldoko menyampaikan bahwa Pemerintah telah merancang strategi yang disusun dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Moeldoko berpendapat RPJMN yang mencakup pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur, reformasi regulasi, reformasi birokrasi, serta transformasi ekonomi, merupakan strategi jitu untuk mengembangkan generasi muda Indonesia menjadi SDM unggul.

“Indonesia telah menggelontorkan dana besar di pendidikan untuk menggerakkan generasi muda menjadi SDM unggul,” pungkasnya.

Moeldoko juga mengatakan Untar sebagai perguruan tinggi telah menjalankan pembelajaran yang dapat menciptakan lulusan mumpuni.

“Untar telah menyiapkan bagaimana menggabungkan antara ilmu yang didapatkan dan dunia nyata yang dialami,” tutup Moeldoko.

Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara Prof. Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H. yang hadir di acara menyampaikan bahwa topik yang dipilih sangat relevan dengan kebutuhan Indonesia saat ini.

Ia berharap kuliah umum dapat memberikan inspirasi bagi generasi muda Indonesia, khususnya mahasiswa Untar untuk menjadi pemimpin masa depan.

Kerja Sama Untar dengan Periklindo

Acara ini merupakan bentuk implementasi kerja sama Untar dengan Periklindo. Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) untuk pengembangan mobil listrik ditandatangani dalam kegiatan ini.

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., ASEAN Eng. mengatakan kolaborasi ini akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar lebih banyak dengan terjun langsung ke dunia industri agar siap menjawab kebutuhan dunia industri.

“Mahasiswa yang memiliki kemampuan secara komprehensif, baik teori dan pengalaman lapangan, ditambah memiliki kemampuan riset akan memperkuat di segala sektor. Untar telah mempersiapkan mahasiswa untuk mampu mengatasi berbagai permasalahan bangsa melalui berbagai kegiatan peningkatan kompetensi dengan dilandasi nilai-nilai Integritas, Profesionalisme, dan Entrepreneurship,” ungkap Rektor.

Sementara itu, Sekjen Periklindo Tenggono Chuandra Phoa menyampaikan pihaknya terbuka untuk menerima mahasiswa Untar belajar di jaringan yang dimiliki Periklindo.

Kuliah umum yang dihadiri lebih dari lima ratus mahasiswa Untar ini turut dimeriahkan persembahan tari Kembang Kipas asal Betawi oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Citra Pesona. (DH/AW/PA/KJ)

 

Baca Berita Terkait

 

RRI.co.id
Tingkatkan Kualitas Mahasiswa, Untar Teken MoU dengan Periklindo

Menara62.com
Kolaborasi Untar dan Periklindo, Peluang Mahasiswa Pelajari Teknologi Mobil Listrik

El John News
Sampaikan Kuliah Umum di Untar, Moeldoko: Pembangunan SDM Jadi Prioritas Pemerintah Wujudkan Indonesia Emas 2045

Mnctrijaya.com
Kembangkan Teknologi Motor Listrik, Untar Jalin Kerja Sama dengan Periklindo

Jakarta Review
Rektor Untar: Kerjasama dengan Periklindo Hadirkan Peluang Mahasiswa Untar Pelajari Teknologi Motor Listrik

El John Media
Kuliah Umum Untar, Moeldoko: Pembangunan SDM Jadi Prioritas Pemerintah Wujudkan Indonesia Emas 2045

Investortrust.id
Moeldoko Sebut Pemerintah Perlu Hati-hati Hadapi Visi Indonesia Emas 2045

El John News
Untar dan Periklindo Berkolaborasi Dukung Pengembangan Kendaraan Listrik

Disway.id
Kuliah Umum di Untar, Moeldoko Ungkap Tantangan Anak Muda Hadapi Indonesia Emas 2045

Sonora.id
Kepala KSP Moeldoko Yakin SDM Unggul Mampu Sikapi Perubahan Global

El John Media
Untar dan Periklindo Berkolaborasi Dukung Pengembangan Kendaraan Listrik

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week