Pilih Laman
Hari Hak Konsumen Sedunia, Pentingnya Perlindungan Konsumen dalam Era Digital

15 Maret 2024

Oleh: Admin

Ilustrasi: istockphoto.com

Setiap tahun tanggal 15 Maret, dunia memperingati Hari Hak Konsumen Sedunia untuk meningkatkan kesadaran akan hak-hak konsumen dan pentingnya perlindungan hak konsumen, terutama dalam transaksi komersial.

Perlindungan hak konsumen menjadi lebih penting dari sebelumnya, mengingat perdagangan elektronik semakin mendominasi di era digital ini.

Salah satu aspek penting dalam perlindungan konsumen adalah perlindungan terhadap Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). HAKI mencakup hak cipta, merek dagang, paten, dan hak desain industri.

Seiring perkembangan teknologi digital, pelanggaran HAKI menjadi masalah serius yang dapat merugikan konsumen dan juga pemilik asli karya intelektual. Menyadari hal ini, Untar melalui Fakultas Hukum (FH) Untar telah mengadakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya HAKI dalam melindungi hak-hak konsumen.

Simak beberapa tips berikut.

1. Perhatikan Label dan Merek Dagang
Saat berbelanja, pastikan untuk memperhatikan label dan merek dagang yang sah. Hindari membeli produk yang memiliki tanda-tanda pemalsuan atau pelanggaran merek dagang.

2. Pahami Hak Cipta
Sebagai konsumen, penting untuk memahami hak cipta dan pastikan bahwa Anda tidak melakukan pelanggaran hak cipta saat menggunakan karya intelektual orang lain, baik secara online maupun offline.

3. Berkonsultasi dengan Ahli Hukum
Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran terkait hak konsumen atau HAKI, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli hukum atau lembaga yang berwenang untuk mendapatkan penyelesaian yang tepat.

Peringatan Hari Hak Konsumen Sedunia adalah momentum penting bagi kita semua untuk merefleksikan pentingnya perlindungan konsumen dan HAKI dalam era digital yang terus berkembang.

Dengan kesadaran yang lebih baik dan tindakan yang tepat, kita dapat memastikan bahwa hak-hak konsumen dilindungi dan inovasi terus dihargai melalui perlindungan HAKI.

Selamat Hari Hak Konsumen Sedunia.

Artikel disusun dari beberapa sumber (KJ/AW/KJ)

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week