Pilih Laman
Hadir di Untar, Profesor Korea Selatan Tekankan Budaya Peduli dan Kolaborasi Kunci Perubahan

1 Maret 2024

Oleh: Admin

Fakultas Psikologi (FPsi) Untar mengadakan seminar internasional bertema “Human Resource Management and Organizational Change in SDGs Disruptive Era” di Auditorium Kampus I Untar, Jumat (1/3).

Kegiatan seminar ini dilakukan dalam rangka kerja sama internasional. Dalam sambutannya Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., ASEAN Eng., berharap agar mahasiswa dan dosen yang mengikuti kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi, kualifikasi, dan pengalaman dalam menjalankan aktivitas kuliah.

Hadir sebagai pembicara, Prof. Uichol Kim, Ph.D. dari Inha University Korea Selatan mengatakan sikap individualisme semakin banyak ditemukan di era digital ini. Hal ini disebabkan karena teori ekonomi dan manajemen yang terlalu menekankan pada keuntungan dan keegoisan.

“Keegoisan dan keuntungan membuat dunia penuh dengan kerakusan, kekerasan, kompetitif, dan keagresifan yang pada akhirnya menciptakan kondisi lingkungan masyarakat yang individualis,” ungkapnya.

Oleh karena itu, keperluan akan perubahan manajemen sumber daya manusia dalam struktur organisasi menjadi semakin mendesak.

Dalam proses perubahan ini, Prof. Uichol berharap agar kita tetap mempertahankan budaya asli Indonesia, antara lain, peduli dan berbagi serta toleransi terhadap agama dan nilai-nilai budaya bangsa.

Selain itu, Prof. Uichol juga menyarankan cara terbaik untuk mencapai kreativitas dan keberagaman dalam pembangunan berkelanjutan di Indonesia adalah kombinasi antara budaya asli bangsa dan kerja sama antarindividu.

“Tidak ada orang yang memikili pengetahuan sempurna dalam teori, statistik, atau publikasi. Sehingga, kerja sama penting untuk mempelajari, mengelola, dan mengatasi kelemahan kita dari rekan satu tim,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Prof. Uichol juga berpesan untuk bermimpi besar sebagai langkah pertama menuju kehidupan yang bermakna.

“Disiplin dalam setiap usaha, memberikan inspirasi kepada sesama, dan bekerja sama dengan orang lain adalah kunci menuju hidup harmonis,” pungkasnya.

Turut hadir Dekan Fakultas Psikologi Untar Sri Tiatri, S.Psi., Psikolog, Ph.D. dan ratusan mahasiswa Fakultas Psikologi Untar. (CS/AW/KJ)

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week