Pilih Laman
Lina Alumni Teknik Informatika Untar Pertama Raih Gelar Guru Besar

8 Desember 2023

Oleh: Admin

Prof. Lina, S.T., M.Kom., Ph.D. meraih gelar Profesor Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Untar berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang diterbitkan Mendikbudristek. Penyerahan SK dilakukan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (LLDikti III) Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc. di Gedung LLDikti III, Jakarta, Jumat (8/12).

Capaian ini menjadikan Prof. Lina sebagai alumni Program Studi (Prodi) Sarjana Teknik Informatika Untar pertama yang memperoleh gelar Profesor Bidang Teknik Informatika.

Sejak kecil, Prof. Lina selalu bercita-cita untuk menjadi ahli komputer. Baginya, gelar profesor ini merupakan hasil dari dedikasi dan kecintaannya pada profesinya sebagai dosen.

“Ketika kita memiliki semangat dalam menjalani peran sebagai dosen dalam bidang ilmu yang kita cintai, serta kedisiplinan dalam menyelesaikan tugas Tridarma Perguruan Tinggi, maka jabatan akademik tertinggi sebagai profesor dapat diraih oleh setiap dosen,” ujar Prof. Lina.

Prof. Lina berharap semakin banyak dosen Untar yang mengikuti jejaknya menjadi profesor, serta pendirian Prodi Magister Teknologi Informasi di Untar dapat segera terwujud.

Wakil Rektor Untar Prof. Dr. Rasji, S.H., M.H. menyampaikan bahwa capaian ini menjadikan jumlah guru besar yang dicetak Untar di tahun 2023 menjadi lima. Secara khusus Rasji menyampaikan apresiasi kepada LLDikti III yang telah memberikan dukungan kepada Untar untuk mendapatkan guru besar baru.

Sementara itu, Kepala LLDikti III menyatakan bahwa capaian profesor menjadi cerminan kualitas perguruan tinggi. Ia berharap pencapaian guru besar di Untar dapat terus meningkat di tahun mendatang.

Selain Prof. Lina, terdapat sepuluh guru besar lainnya yang menerima SK dalam acara. Prof. Lina sendiri menjadi Profesor ke-91 di wilayah LLDikti III di tahun 2023.

Prof. Lina memperoleh gelar Sarjana Teknik Informatika dari Fakultas Teknik (FT) Untar, diikuti dengan Magister Ilmu Komputer di Universitas Indonesia. Kedua jenjang studi ini didukung beasiswa Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) dan beasiswa Dosen Tetap Untar dari Yayasan Tarumanagara. Studinya kemudian dilanjutkan di Prodi Doktor Ilmu Komputer Nagoya University, Jepang dengan beasiswa dari Pemerintah Jepang (Monbukagakusho).

Prof. Lina memiliki prestasi sebagai salah satu dari Global Faculty Scholars pada Kauffman Foundation, USA untuk program Entrepreneurship. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Pembantu Dekan II FTI Untar periode 2010-2014, Kepala Sekretariat Untar periode 2014-2016, serta Wakil Dekan FTI Untar periode 2018-2022. (KJ/AW/KJ)

Berita terbaru

Agenda

21 Feb Perayaan Imlek Untar
26 Feb Awal Semester Genap TA 2023/2024