Pilih Laman
Alat Ukur Kreativitas Hantarkan Tim Untar Juarai PIMNAS 2023

30 November 2023

Oleh: Admin

Tim Contextual Creativity Verbal Test (CVCT) yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Untar angkatan 2020 menjadi juara Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2023. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 26-30 November 2023 di Universitas Padjadjaran, Bandung.

Diketuai oleh Sania Teja, tim yang terdiri dari Renata Verla Gunjaya dan Cecilia Ang, berhasil menorehkan prestasi dengan karya Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Tim yang dibimbing Dr. P. Tommy Y. S. Suyasa, M.Si., Psikolog ini juga berhasil meraih predikat Juara Presentasi Favorit.

Karya PKM ini berfokus pada skema Riset Sosial Humaniora (RSH), yang merupakan pengembangan alat ukur kreativitas verbal kontekstual dengan metode computer-based testing. Tujuan utama dari karya PKM ini adalah mendalami pemahaman dalam bidang psikologi serta memperkaya alat ukur psikologi.

Sania, Renata, dan Cecilia berharap karya PKM mereka dapat memberikan kontribusi positif di bidang kreativitas psikologi, khususnya di institusi pendidikan.

Ketiganya percaya bahwa karya PKM ini memiliki potensi yang luas, karena mampu mengukur kemampuan seseorang dalam berkomunikasi, serta memprediksi kualitas pekerjaan atau prestasi individu.

“Tidak hanya terbatas pada institusi pendidikan, karya ini juga berpotensi untuk diterapkan di institusi kerja dengan sampel sebagai dasar pengujian. Dikembangkan berbasis web, alat ini dapat diakses dari mana saja dan kapan saja,” ujar Cecilia.

Tommy mewakili tim mengucapkan apresiasi kepada Untar dan seluruh pihak yang terlibat atas doa, dukungan, dan fasilitas yang memadai. Ia juga mendorong mahasiswa untuk terlibat dalam pelaksanaan PKM.

“PKM bermanfaat untuk mahasiswa karena meningkatkan pengalaman penelitian, wadah untuk kreativitas, dan pemahaman yang lebih dalam pada bidang terkait,” pungkas Tommy.

Diharapkannya, program ini dapat meningkatkan mutu mahasiswa agar mendapatkan pekerjaan yang layak, memberikan pengalaman di luar kampus, dan memperkaya budaya nasional melalui penyebarluasan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan inisiatif Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa). PKM bertujuan memfasilitasi potensi mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajari di perkuliahan kepada masyarakat luas. (DH/AW/KJ)

Berita terbaru

Agenda

21 Feb Perayaan Imlek Untar
26 Feb Awal Semester Genap TA 2023/2024