Pilih Laman
Peduli Kesehatan Mental Remaja, Mahasiswa Fakultas Psikologi Gelar Seminar Gratis

22 November 2023

Oleh: Admin

Mahasiswa Fakultas Psikologi Untar menyelenggarakan seminar “Gembira: Generasi Muda Berani Atasi Rasa Anxiety” di Auditorium Kampus I Untar, Rabu (22/11).

Acara ini bekerja sama dengan beberapa SMA di Jakarta, di antaranya, Sekolah Kristen IPEKA, Madrasah Aliyah (MA) Istiqlal, dan SMA Kristoforus 1.

Sebagai narasumber Psikolog Anggun Meytani Pohan, M.Psi., Psikolog.

Menurut Anggun, kecemasan dapat diatasi dengan teknik APEL (Acknowledge, Pause, Let Go, dan Explore). Acknowledge berarti memperhatikan dan mengakui adanya pikiran ketidakpastian yang mengganggu, kemudian dilanjutkan dengan Pause, yakni berhenti sejenak dan bernapas.

Langkah berikutnya adalah Let Go atau melepaskan pikiran dengan berpikir semua akan berlalu. Terakhir, Explore atau menjelajahi momen saat ini.

Ketua Pelaksana Marcelia mengatakan bahwa seminar ini diadakan atas kepedulian mahasiswa terhadap remaja. Menurutnya, remaja membutuhkan bimbingan dan pengetahuan lebih untuk mengenali dan mengatasi rasa cemas.

“Seminar ini memang dikhususkan untuk mengedukasi tentang kesehatan mental. Oleh karena itu, kami bekerja sama dengan beberapa SMA di Jakarta,” sambung mahasiswa angkatan 2021 tersebut.

Turut hadir dalam acara jajaran pimpinan Fakultas Psikologi, dosen, dan mahasiswa Untar. (ZR/AW/KJ)

Berita terbaru

Agenda

 

16-24 Jul PEKERTI Batch 2 2024
18 Jul International Seminar: Antibiotics Resistance
31 Jul Batas Akhir Pendaftaran Mahasiswa Baru 2024/25
14-16 Aug PKKMB Untar 2024/25
17 Aug HUT ke-79 Proklamasi RI