Pilih Laman
LLDikti XVI Ingin Belajar Pengelolaan PT dari Untar

15 November 2023

Oleh: Admin Pusat

Untar menerima kunjungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XVI (LLDikti XVI), Rabu, (15/11) di Auditorium Kampus 1 Untar. Kunjungan bertujuan untuk membangun kemitraan antara perguruan tinggi di lingkungan LLDikti XVI dan Untar yang merupakan perguruan tinggi terakreditasi unggul. 

Kepala LLDikti XVI Munawir Razak, S.I.P., M.A. menyatakan terdapat 26 perguruan tinggi yang hadir, terdiri dari 17 universitas, lima sekolah tinggi, satu politeknik, dan dua akademi. 

Munawir mengatakan saat ini belum ada perguruan tinggi di wilayah LLDikti XVI yang terakreditasi Unggul. Bahkan, dari 400 program studi yang ada, hanya satu yang terakreditasi Baik. 

“Dengan reputasi Untar yang sudah terbukti sebagai perguruan tinggi Unggul, kami berharap perguruan tinggi yang hadir saat ini dapat belajar mengenai pengelolaan perguruan tinggi, sehingga nantinya dapat meraih akreditasi Unggul juga,” tambah Munawir.

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., A.E. menjelaskan bahwa untuk menjaga keberlanjutan perguruan tinggi, dalam pengelolaannya dibutuhkan nilai-nilai, masukan, proses, luaran, hasil, dan sistem keberlanjutan. 

Ditekankannya, Untar selalu berpegang pada values (nilai-nilai) Integritas, Profesionalisme, dan Entrepreneurship selama 64 tahun berdiri. Selain itu, Rektor juga mengingatkan bahwa perguruan tinggi harus menghasilkan luaran yang bermanfaat. 

“Perguruan tinggi harus memiliki values karena keunggulan internal yang kuat harus dibuat sesuai dengan nilai yang ingin dicapai, tidak mengikuti perguruan tinggi lain,” tegas Rektor. 

Dalam kunjungan dilakukan pula penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan 30 perguruan tinggi di bawah naungan LLDikti XVI. Kerja sama dilakukan dalam bidang riset/konferensi bersama, pertukaran mahasiswa dan dosen, serta berbagai aktivitas kemahasiswaan.

Rektor berharap kerja sama ini dapat diimplementasikan dengan baik, serta dapat meningkatkan mutu pendidikan tinggi di daerah Gorontalo, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah.

Munawir secara khusus mengapresiasi Untar yang telah menerima kunjungan ini. Harapannya, Untar dan LLDikti XVI dapat berkolaborasi kembali di berbagai aktivitas lainnya.

Turut hadir dalam acara perwakilan LLDikti III Jakarta, Wakil Rektor Prof. Dr. Rasji, S.H., M.H. beserta jajaran pimpinan Untar. (ZR/AW)



Berita terbaru

Agenda

21 Feb Perayaan Imlek Untar
26 Feb Awal Semester Genap TA 2023/2024