Pilih Laman
PMM Buka Peluang Mahasiswa Belajar di Luar Kampus

14 November 2023

Oleh: Admin

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka peluang bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di luar lingkungan kampus melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Salah satu program yang disediakan adalah Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM).

Ditjen Diktiristek menghadirkan sosialisasi pendaftaran mahasiswa untuk program PMM angkatan ke-4 untuk Semester Genap 2023/2024 melalui siaran langsung yang ditayangkan di YouTube, Rabu (18/10).

PMM merupakan sebuah program mobilitas mahasiswa yang berlangsung selama satu semester. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di berbagai perguruan tinggi di Indonesia sekaligus memperkuat persatuan dalam keberagaman.

Salah satu aspek menarik dari PMM adalah mata kuliah Modul Nusantara (MN), suatu rangkaian kegiatan yang memperkenalkan kekayaan kebudayaan nusantara. Melalui MN, diharapkan mahasiswa dapat memaksimalkan ruang interaksi, memperdalam pemahaman, dan mengokohkan nilai-nilai toleransi.

PMM dapat diikuti oleh mahasiswa yang memenuhi persyaratan berikut.

  1. Mahasiswa aktif Diploma III (D3), Diploma IV (D4), atau Sarjana (S1) minimal semester 3 (tiga) pada saat pendaftaran berlangsung
  2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2.8 dari skala 4
  3. Terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI)
  4. PT mahasiswa berada di bawah koordinasi Kemendikbudristek
  5. Status kewarganegaraan Warga Negara Indonesia (WNI)
  6. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) Mahasiswa sebagai komitmen partisipasi dalam program PMM
  7. Memiliki akun rekening aktif di Bank Mandiri
  8. Bukti kepemilikan akun BPJS Kesehatan atau asuransi kesehatan lainnya yang aktif

Terdapat 6 elemen utama dalam pelaksanaan PMM antara lain:

  1. Pertukaran mahasiswa dilakukan melalui perpindahan antar Perguruan Tinggi
  2. Pengakuan hasil belajar hingga 20 sks
  3. Memungkinkan pertukaran mahasiswa PTN ke PTS dan sebaliknya
  4. Diikuti oleh mahasiswa semester 4, 6, dan 8 (saat program berjalan)
  5. Eksplorasi persatuan dalam keragaman melalui Modul Nusantara
  6. Mekanisme pertukaran akademik ke akademik dan vokasi ke vokasi

Dalam pelaksanaannya, disediakan 2 skema yang dapat diambil oleh mahasiswa antara lain:

  1. Mahasiswa dapat mengambil keseluruhan 20 sks dari mata kuliah yang ditawarkan oleh PT Penerima (opsi yang diutamakan)
  2. Mahasiswa dapat mengkombinasikan mata kuliah yang ditawarkan PT Penerima (paling sedikit 14 sks) dan mata kuliah dari PT Pengirim hingga 6 sks (dilakukan secara daring dan tanpa praktikum)

Mahasiswa yang lolos seleksi dan dinyatakan terpilih sebagai peserta PMM akan mendapatkan insentif dana bantuan biaya hidup selama satu semester dan dana transportasi pesawat jika menjalani program di perguruan tinggi di lokasi yang berbeda dengan domisilinya. Selain itu, mahasiswa yang berhasil menyelesaikan PMM akan mendapatkan e-sertifikat nasional dari Dirjen Diktiristek, Kemendikbudristek.

Selama 3 angkatan sebelumnya, telah tercatat total lebih dari 39.000 mahasiswa peserta PMM. Kini, kuota terbanyak ada pada angkatan ke-4, sebanyak 15.505 mahasiswa. Pendaftaran PMM 4 tengah dibuka hingga 3 Desember 2023, dengan pelaksanaan program mulai Januari hingga Agustus 2024. Jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk menjelajahi dunia pendidikan di luar kampus!

Daftar sekarang melalui pmm.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id!

 

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week