Pilih Laman
Peran Penting Humas Membangun Reputasi Perguruan Tinggi

6 November 2023

Oleh: Admin Pusat

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi wilayah III (LLDikti III) Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc. membuka acara Focus Group Discussion (FGD) dan Talk Show berjudul “Peran Strategis Humas PTS dalam Mendukung Reputasi” di kampus Untar, Senin (6/11). Kegiatan yang diselenggarakan kolaborasi LLDikti III dan Untar ini dihadiri perwakilan dari 109 perguruan tinggi. 

Kepala LLDikti III dalam sambutannya mengungkapkan sebuah perguruan tinggi harus dapat mengelola informasi yang diterima publik dengan baik, terlebih dengan adanya perkembangan teknologi yang pesat. 

“Humas menentukan kesuksesan indikator kinerja utama untuk meningkatkan reputasi sebuah perguruan tinggi melalui rekognisi media dan publikasi berbasis teknologi,” tegas Toni.

Farencia, salah seorang perwakilan siswa SMA yang hadir, mengatakan bahwa saluran komunikasi yang banyak digunakan anak-anak SMA untuk mengetahui informasi tentang kampus adalah melalui media sosial dan website. 

“Media sosial dan website merupakan saluran komunikasi yang sering digunakan generasi kami untuk mengetahui informasi tentang kampus, tapi terkadang informasi di media sosial kampus kurang lengkap dan kurang informatif. Begitu pula konten di website kampus tidak update,” kata Farencia.

Sementara itu, Kepala Kantor Humas Untar Dra. Paula T. Anggarina, M.M. dalam laporannya mengatakan bahwa dari 302 perguruan tinggi di bawah LLDikti III yang telah memiliki bagian kehumasan dalam struktur organisasinya adalah sekitar 45%.  

“Diselenggarakannya acara ini bertujuan untuk memberikan masukan kepada perguruan tinggi bahwa keberadaan organisasi Humas sangat penting dalam mendorong peningkatan reputasi. Diharapkan kelak seluruh perguruan tinggi memiliki humas,” jelasnya.   

FGD dilakukan bersama perwakilan humas dari perguruan tinggi swasta (PTS) di lingkungan LLDikti III untuk memberikan rekomendasi dalam bentuk pedoman operasional. Pedoman ini berfungsi sebagai referensi bagi PTS di lingkungan LLDikti III dalam pengelolaan manajemen humas perguruan tinggi.

Masing-masing kelompok FGD dipandu Kaprodi Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara Cendera Rizky Anugrah, M.Si., Head of Communication Reputation Department LSPR Emilya Setyaningtyas, M.I.Kom., dan dosen Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Tri Alida Apriliana, S.I.P., M.I.Kom.

Selain FGD, diadakan pula talk show yang menghadirkan pembicara yaitu Penanggung Jawab Kehumasan Ditjen Diktiristek Doddy Zulkifli Indra Atmaja, S.I.Kom., M.Si. dan Dinna Handini, S.Sos., M.I.Kom., serta Kepala Biro Humas dan Kantor Informasi Publik Universitas Indonesia Dra. Amelita Lusia, M.Si., CPR.

Doddy menerangkan reputasi akan cepat didapat bila ada struktur kehumasan di masing-masing perguruan tinggi. “Melalui FGD yang kita lakukan hari ini dapat mendorong setiap perguruan tinggi memiliki struktur kehumasan yang nyata darena dapat membantu menambah reputasi perguruan tinggi masing-masing,” jelasnya.  

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., A.E. dalam sambutannya memandang peran humas sebagai ujung tombak penyebaran informasi dan menyerap informasi dari seluruh pemangku kepentingan. 

Kegiatan ini menjadi kesempatan bagi institusi untuk mengeksplorasi bidang kehumasan melalui kolaborasi antarperguruan tinggi yang dapat bermanfaat bagi pendidikan di Indonesia. (VW/YS/AW)