Pilih Laman
Mahasiswa Dapat Tentukan Nasib Bangsa melalui Pemilu

1 November 2023

Oleh: Admin Pusat

Pemilihan umum adalah pesta demokrasi yang menjadi hak semua warga negara, karena penentu bangsa ini ada di tangan rakyat. Rakyat Indonesia memiliki kedaulatan dan kekuatan untuk mengantarkan negara ini menuju Indonesia Emas 2045. Momentum pemilihan umum ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dan tidak menjadi golput.

Hal tersebut disampaikan Prof. Dr. Rasji, S.H., M.H. sebagai salah satu pembicara dalam acara “Dialog Kebangsaan”. Kegiatan ini merupakan kerja sama Untar dengan Radio Sonora yang didukung Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), diselenggarakan Rabu (1/11) di auditorium kampus Untar, Jakarta.

Hadir sebagai pembicara lainnya anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP RI) J. Kristiadi, Tenaga Ahli Bawaslu RI Iji Jaelani, dan Deputi Teknis KPU RI Eberta Kawima.

Rasji yang juga menjabat Wakil Rektor Untar ini mengajak mahasiswa sebagai generasi muda, yang menjadi pemilih terbanyak pada Pemilu 2024 ini, untuk menggunakan hak pilihnya sebaik-baiknya.

“Manfaatkan kesempatan Pemilu ini sebaik-baiknya dan jangan sampai golput, karena nasib bangsa ini ada di tangan kita,” tegas Prof. Rasji.

Di sisi lain, J. Kristiadi menjelaskan peran Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP RI). Ditegaskannya, DKPP berfungsi untuk menegakkan Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP). KEPP sangat penting agar pemilu dapat benar-benar menghasilkan pemimpin yang mampu mengantarkan bangsa Indonesia untuk mencapai tujuannya, sesuai dengan konstitusi Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Sementara itu, Eberta Kawima dan Iji Jaelani sama-sama berharap agar mahasiswa dapat berpartisipasi dan memanfaatkan Pemilu sebaik-baiknya.

Dialog kebangsaan yang dibuka Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., A.E. dan dihadiri mahasiswa Untar ini diselenggarakan sebagai sarana pembelajaran demokrasi bagi generasi muda. Turut hadir Direktur KG Radio Network Markus Gunawan.

KG Radio Network adalah perusahaan yang membawahi jaringan radio milik Kompas Gramedia, salah satunya Radio Sonora. (ZR/AW)