Pilih Laman
Pra Bimbingan Teknis Percepatan Jenjang Karir Dosen Lektor Kepala menuju Guru Besar Aspek Bidang Penelitian

12 Oktober 2023

Oleh: Admin

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Percepatan Jenjang Karir Dosen Lektor Kepala menuju Guru Besar Aspek Bidang Penelitan, Kamis (12/10).

Kegiatan ini merupakan upaya peningkatan fasilitasi mutu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bagi dosen di lingkungan LLDikti III.

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., ASEAN Eng. diundang sebagai narasumber kegiatan tersebut.

Prof. Agustinus menjelaskan tentang jurnal ilmiah yang merupakan publikasi yang diterbitkan secara berkala oleh suatu organisasi profesi atau institusi akademik yang memuat artikel-artikel yang merupakan produk pemikiran ilmiah secara empiris (artikel hasil penelitian) maupun secara logis (artikel hasil pemikiran) dalam bidang ilmu tertentu.

Para dosen wajib mempublikasikan artikel di jurnal ilmiah bereputasi agar dapat mengajukan usulan kenaikan jabatan akademik ke Lektor Kepala dan Guru Besar. Jurnal ilmiah internasional bereputasi yang diakui oleh Dikti antara lain harus memenuhi syarat seperti Scimago Journal Rank (SJR) di atas 0,1 atau memiliki Journal Impact Factor (JIF) dari Web of Science (WoS) paling sedikit 0,05 dan Jurnal Tidak Berstatus Cancelled/Discontinued di Scopus/WoS.

Peserta juga diberi kesempatan untuk bertanya secara langsung terkait cara menulis artikel jurnal dan mencari jurnal yang dapat dijadikan media publikasi bereputasi sesuai dengan bidang penelitian para peserta.

Acara ini sangat baik sebagai media diskusi dan bertukar pengalaman dalam menghasilkan penelitian publikasi bereputasi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan kenaikan jabatan akademik dosen ke Lektor Kepala dan Guru Besar. (PA/API/KJ)

Berita terbaru

Agenda

 

16-24 Jul PEKERTI Batch 2 2024
18 Jul International Seminar: Antibiotics Resistance
31 Jul Batas Akhir Pendaftaran Mahasiswa Baru 2024/25
14-16 Aug PKKMB Untar 2024/25
17 Aug HUT ke-79 Proklamasi RI