Pilih Laman
Kolaborasi untuk Menghasilkan Riset Bermanfaat bagi Masyarakat

5 Oktober 2023

Oleh: Admin Pusat

Untar menyelenggarakan Seminar Nasional Teknologi Komputer dan Telekomunikasi (SNTKT) XI 2023 dan Seminar Nasional Mesin dan Industri (SNMI) XI 2023 bertema “Riset Multidisiplin untuk Menunjang Pengembangan Industri Nasional Era Industri 4.0 dan Pembangunan Berkelanjutan” di Auditorium Untar, Kamis (5/10).

Sebagai narasumber Guru Besar Teknik Mesin Universitas Indonesia Prof. Ir. Nyoman Pujawan, M.Eng., Ph.D., CSCP, CSCM, Dekan Sekolah Interdisiplin Manajemen dan Teknologi Institut Sepuluh November Prof. (Em.) Dr. Ir. Budiarso, M.Eng., dan Chief Executive Officer Aerofood ACS Ir. I Wayan Susena, M.M., serta dosen Teknik Sipil Untar Dr. Ir. Erwin Siahaan M.Si selaku moderator.

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., A.E mengatakan bahwa riset yang dibuat oleh dosen dan mahasiswa diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat, serta dapat dimanfaatkan sebagai kontribusi Untar untuk masyarakat.

Dosen Teknik Mesin Untar Mohammad Agung Saryatmo, S.T., M.M., M.T., Ph.D., sebagai ketua pelaksana, menjelaskan pentingnya kolaborasi perguruan tinggi dengan dunia profesi, industri, dan dunia bisnis, terutama dalam bidang riset. Kolaborasi ini dapat menghasilkan riset yang dapat menghasilkan berbagai manfaat bagi masyarakat.

Dalam paparannya, Prof. (Em.) Budiarso menyarankan penggunaan pico hydro sebagai sarana elektrifikasi daerah terpencil di Indonesia. Pico hydro merupakan pembangkit listrik tenaga air yang dapat menghasilkan daya hingga 5 kW serta dapat dibuat menggunakan alat-alat yang mudah ditemui, sehingga dapat mudah diterapkan di daerah yang kurang terjangkau.

Sementara itu, Prof. Nyoman menerangkan bahwa dalam era 4.0 yang paling penting bagi dunia industri atau penelitian adalah sustainability (keberlanjutan). Saat ini, perusahaan besar harus berkontribusi untuk mengurangi emisi, sehingga sustainability perlu menjadi agenda penting.

Lebih lanjut, Ir. I Wayan Susena menjelaskan bahwa teknologi informasi baru, seperti IoT, blockchain, dan big data analytics.digunakan untuk kecepatan data.

Seminar nasional ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik Harto Tanujaya, S.T., M.T., Ph.D., beserta jajaran, mahasiswa, dan peserta umum. (ZR/AW)

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week