Pilih Laman
Lokakarya Nasional Implementasi Kurikulum Perguruan Tinggi dalam Program MBKM

6 September 2023

Oleh: Admin

Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah III DKI Jakarta menyelenggarakan Lokakarya Nasional Implementasi Kurikulum Perguruan Tinggi dalam Program MBKM pada Prodi (seri-3), Rabu (6/9).

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., ASEAN Eng. menjadi narasumber pada kegiatan tersebut. Ia menyampaikan paparan terkait Implementasi KPT Program Studi Manajemen dari Universitas Tarumanagara.

Prof. Agustinus menekankan pentingnya kurikulum sebagai nyawa dari suatu program pembelajaran dan keberadaannya memerlukan rancangan, pelaksanaan serta evaluasi secara dinamis sesuai dengan perkembangan zaman, kebutuhan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) serta kompetensi yang dibutuhkan oleh masyarakat, maupun pengguna lulusan perguruan tinggi.

Selain itu, disampaikan pula kebijakan yang diperlukan untuk melaksanakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di perguruan tinggi, seperti peraturan tentang kurikulum MBKM, pedoman pelaksanaan MBKM, peraturan tentang sistem pembelajaran dan penilaian hasil pembelajaran MBKM, tim pelaksana MBKM, tim penjaminan mutu MBKM, peraturan tentang RPL (penyetaraan nilai), peraturan tentang remedial (jika diperlukan), peraturan tentang keterlibatan mahasiswa dalam hibah penelitian dan PKM dosen, peraturan tentang penghargaan bagi dosen dan mahasiswa, dan peraturan pendukung lainnya.

Perlu disiapkan juga media untuk mempublikasikan hasil kegiatan MBKM mahasiswa dan dosen dalam bentuk jurnal, seminar, dan media sosial yang dapat memuat karya MBKM untuk menjadi referensi dan menambah pengetahuan semua pemangku kepentingan

Kegiatan ini dihadiri oleh pimpinan universitas dan yayasan beserta jajarannya dari perguruan tinggi swasta se-Indonesia. (PA/API/KJ)

Berita terbaru

Agenda

21 Feb Perayaan Imlek Untar
26 Feb Awal Semester Genap TA 2023/2024