Pilih Laman
Implementasi Kerja Sama, Untar Kembangkan Potensi Alam Labuan Bajo

7 Juni 2023

Oleh: Admin Pusat

Sebagai kawasan destinasi wisata super prioritas, Labuan Bajo memiliki potensi alam dan budaya yang sangat besar. Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi menilai ada banyak sektor yang perlu ditingkatkan salah satunya budi daya Sumber Daya Alam (SDA) menjadi hal yang penting untuk kemajuan perekonomian masyarakat.

“Tahun ini kami akan mewujudkan pusat arboretum di daerah Batu Cermin dengan menanam 28 ribu spesies bambu, salah satu produk yang sudah diproduksi adalah sepeda bambu yang diberikan kepada tamu KTT ASEAN kemarin,” ungkap Edistasius.

Sadar akan potensi alam yang melimpah, Edistasius juga menyampaikan cita-citanya agar Manggarai Barat dapat memproduksi minyak sereh yang masih langka, padahal tanaman sereh sangat mudah tumbuh di sana. “Kami berharap adanya kolaborasi dengan Untar dapat mewujudkan cita-cita pengembangan tanaman sereh lalu dapat diproduksi menjadi minyak sereh, yang tentu akan ada banyak manfaatnya,” pungkasnya.

Ajakan Bupati Manggarai Barat dan Wakil Bupati Manggarai Barat dr. Yulianus Weng, M. ini disambut baik oleh Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., IPU, AE saat berkunjung ke Kantor Bupati Manggarai Barat, Rabu (7/6).

Kunjungan Rektor Untar kali ini dalam rangka implementasi kerja sama antara Untar dan Kabupaten ke Manggarai Barat yang telah berlangsung sejak tahun lalu. Rektor menyampaikan bahwa Tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Untar dibagi dalam beberapa tim dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan sosialisasi ke beberapa instansi pendidikan (Politeknik eLBajo Commodus, SMAK ST. Ignatius Loyola, SMKN 1 Labuan Bajo, SD, SMP dan SMA Lentera Harapan, Labuan Bajo, SDK Wae Medu Labuan Bajo), UMKM, survey guna pembuatan alat pengering kemiri, serta pengembangan fasilitas wisata di Labuan Bajo.

Rektor menyampaikan ada banyak bidang yang dapat dikolaborasikan antara Untar dan Kabupaten Manggarai Barat (Labuan Bajo). “Selain meningkatkan kualitas SDM, kita juga dapat bersama-sama membangun daerah. Hal ini dapat diwujudkan melalui riset yang dihasilkan dan kepakaran yang dimiliki Untar,” jelasnya.

Dalam kunjungan ini, Rektor didampingi oleh Ka. Kantor Humas Dra. Paula Tjatoerwidya Anggarina, M.M., Manajer Publikasi LPPM Dr. Hetty Karunia Tunjungsari, dan Manajer Inovasi LPPM Mei Ie, S.E., M.M. (JS/YS/AW)

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week