Pilih Laman
Pengalaman Berharga Pertukaran Mahasiswa Untar dan INTI

10 April 2023

Oleh: Admin Pusat

Untar dan INTI International University and Colleges Malaysia mengadakan program pertukaran pelajar internasional selama dua minggu, pada tanggal 13-26 Maret 2023. Program ini diikuti oleh 42 mahasiswa dari kedua kampus.

Program pertukaran pelajar ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar tentang budaya dan kehidupan di negara masing-masing, serta untuk meningkatkan pengalaman akademik mereka melalui kelas dan kegiatan yang sudah dirancang khusus. Program ini dijalankan selama satu minggu di kampus masing-masing.

Saat berada di Malaysia, salah satu kegiatan yang menarik adalah kunjungan ke tempat-tempat wisata terkenal di Malaysia, seperti Petronas Twin Towers dan Batu Caves. Selain itu, mahasiswa juga diajak berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan budaya, seperti program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk undocumented children (anak-anak tidak berdokumen) di Kuala Lumpur.

Head of Programme INTI Joana Jaya saat belajar membatik

Head of Programme of INTI International University and Colleges Joana Jaya mengatakan sangat senang dapat menerima mahasiswa Untar dalam program pertukaran pelajar internasional ini, dan dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman yang berharga dalam memperluas wawasan mereka tentang dunia.

Nur Najiha Azman saat kelas angklung

“Saya belajar banyak selama program ini berlangsung, mulai dari perspektif bisnis hingga sesi sharing dengan mahasiswa Untar. Di sisi lain, kami belajar lintas budaya antara Indonesia dan Malaysia, terutama dalam hal keragaman dan perbedaan,” ungkap Nur Najiha Azman, salah satu mahasiswa INTI International University and Colleges.

Steven Charles saat presentasi di kelas bisnis

Sementara itu, mahasiswa Untar Steven Charles berpendapat bahwa kesempatan ini sangat baik bagi mahasiswa untuk dapat memiliki pengalaman dan berkarya di tingkat Internasional. Ia berharap agar program ini dapat terus berlanjut.

Mahasiswa yang menjadi peserta mendapatkan dua jenis sertifikat, yakni sertifikat yang ditandatangani oleh Untar, INTI International College Malaysia, dan Hotelschool The Hague, serta sertifikat dari Non-Government Organization (NGO) sebagai pengakuan atas partisipasi mereka dalam program ini.

Program pertukaran pelajar internasional ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya untuk memperkuat hubungan antara Untar dan INTI International University and Colleges, Malaysia. (SC/YS/AW)

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week