Pilih Laman
Untar Gaungkan Produk Lokal di Pameran Internasional

12 Maret 2023

Oleh: Admin Pusat

0

Untar mengambil bagian dalam gelaran International Furniture Expo (IFEX) 2023, di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran, yang berlangsung pada 9-12 Maret 2023.

Pameran internasional yang diselenggarakan Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) bekerja sama dengan Dyandra Promosindo mengusung tema “Redefine, Inspire, and Innovation”. IFEX dijadikan momentum penting untuk para pelaku industri mebel memperkenalkan produknya di pasar global, sehingga dapat mendorong pertumbuhan perekonomian di Indonesia.

Keikutsertaan Untar yang menampilkan karya dosen dan mahasiswa program studi (Prodi) Desain Interior Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ini menggaungkan gerakan “local pride” untuk menunjukkan kebanggan pada produk dalam negeri.

“Pada dasarnya kita harus punya kebanggaan terhadap produk-produk dalam negeri, dengan eksplorasi budaya lokal, kearifan lokal, juga dengan bahan-bahan yang juga dikembangkan di Indonesia,” tegas Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., IPU, AE saat mengunjungi pameran.

Disampaikan Michella Angelina, salah satu mahasiswa yang karyanya dipamerkan, inspirasi karyanya berasal dari isu permasalahan lingkungan yang paling dekat dengan masyarakat, yaitu sampah plastik.

Menurutnya, menggunakan bahan baku hasil olahan dari limbah sampah plastik merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial seorang desainer yang sadar akan keberlanjutan.

Untar menjadi bagian dari 500 peserta pameran pameran furnitur berskala internasional. IFEX menampilkan ragam produk ciri khas Indonesia, didukung dengan teknologi yang disesuaikan dengan perkembangan masa kini. Setiap tahunnya, IFEX menjadi ajang pengrajin lokal untuk memamerkan karyanya kepada pengunjung mancanegara. (DN/YS/AW)

Berita terbaru

Agenda

2 Mei Hardiknas
2 Mei Perayaan Halalbihalal Untar