Pilih Laman
MPWK Untar Fasilitasi Diskusi Tantangan Jakarta Menuju Kota Global

22 Februari 2023

Oleh: Admin Pusat

Program Studi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota (MPWK) menyelenggarakan webinar bertema “Jakarta di Tengah Kota-Kota Dunia: Tantangan Ekonomi Politik dan Lingkungan”, Rabu (22/2) secara daring.

Webinar yang merupakan kolaborasi antara Untar dengan Indonesia Property Watch (IPW) ini menghadirkan pembicara dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Dr. Ir. Oswar M. Mungkasa, MURP dan Pengajar Senior MPWK Untar Dr.-Ing. Jo Santoso

Dr. Ir. Oswar M. Mungkasa, MURP membahas tantangan yang dihadapi Jakarta dalam perjalanannya menuju Kota Global. Berdasarkan data, Jakarta berada pada peringkat 45 dan hanya dikategorikan Kota Gerbang. Artinya, Jakarta masih tertinggal dibandingkan kota-kota lain di Asia.

Dr. Oswar mengatakan bahwa dibutuhkan beberapa agenda strategis sebagai bentuk penanggulangan, di antaranya konsep pengembangan keruangan kota kompak. Agenda strategis kota kompak ini mendorong agar kehidupan kota berbasis digital di semua sektor dan agar 70% penduduk tinggal dan beraktivitas di sekitar transit.

“Tujuannya agar dapat terciptanya penataan ruang yang mendukung Jakarta sebagai kota bisnis berskala global dan juga sebagai pusat pemerintahan dan kebudayaan. Di sisi lain, konsep ini juga mendukung terwujudnya hunian yang layak huni dan lingkungan pemukiman yang mandiri,” jelasnya.

Dalam sesinya, Dr.-Ing. Jo Santoso menyarankan pembenahan transportasi umum serta pengoptimalan pembangunan berbasis transit di Jakarta agar perjalanan bisa lebih efektif.

Lanjutnya, kesadaran bersama dalam masyarakat diperlukan untuk mendukung keberlanjutan dan peningkatan kualitas hidup, serta menyelesaikan krisis yang ada.

Webinar ini merupakan sesi terakhir dari seri webinar MPWK. Turut hadir dalam acara Kaprodi MPWK Untar Dr. Ir. Erwin Fahmi, MURP dan 104 peserta. (EL/YS/AW)

Berita terbaru

Agenda

21 Feb Perayaan Imlek Untar
26 Feb Awal Semester Genap TA 2023/2024