Pilih Laman
Didi Widya Utama Tuntaskan Studi Doktor Kerja Sama Untar dan KSU Taiwan

11 Januari 2023

Oleh: Admin Pusat

84

0

Dosen Fakultas Teknik (FT) Untar Didi Widya Utama, S.T., M.T. meraih gelar Ph.D setelah menuntaskan studi doktor di Kun Shan University (KSU), Taiwan, Senin (11/1).

Didi menyampaikan hasil studinya yang berjudul “Stabilitas Dinamik Sistem Penambat (Mooring System) pada Generator Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut yang Tahan Taifun” di hadapan dewan penguji.

Dalam paparannya dijelaskan bahwa generator pembangkit listrik tenaga arus laut yang ditenggelamkan di kedalaman tertentu harus stabil, bahkan dalam kondisi badai/taifun, agar operasinya efisien. Oleh sebab itu, perlu dikembangkan sistem penambatan yang tepat untuk menjaga kestabilan generator tersebut.

“Potensi keberlanjutan penelitian ini di Indonesia sangat besar, mengingat Indonesia merupakan negara maritim atau sebagian besar wilayahnya adalah laut, terutama di Selat Makassar yang dilewati arus laut yang kuat atau dikenal sebagai Indonesian Through Flow,” sambung Didi.

Hasil penelitiannya membuktikan keamanan sistem penambat yang berfungsi serta dapat menghasilkan energi listrik yang memadai.

Rektor Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., IPU, AE yang turut hadir mengucapkan selamat atas keberhasilan yang diraih dosen yang menjabat sebagai Sekretaris Program Studi Teknik Mesin FT Untar ini.

Diharapkan gelar yang diraih ini dapat memberi manfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan, seraya berpesan agar tetap rendah hati dan terus berkarya.

Pada kesempatan tersebut, Rektor menyampaikan apresiasi kepada KSU serta para pembimbing dan penguji yang telah menghantarkan Didi Widya Utama hingga lulus.

“Terima kasih kepada pembimbing, penguji, dan KSU yang telah membimbing Didi hingga lulus. Terima kasih atas kolaborasi yang telah dibangun selama ini,” tuturnya.

Untar dan KSU telah berkolaborasi dalam berbagai bidang, seperti pertukaran pelajar dan dosen, konferensi internasional, penelitian bersama, program double degree, dan lainnya. (AW/YS/AW)

Berita terbaru

Agenda

21 Feb Perayaan Imlek Untar
26 Feb Awal Semester Genap TA 2023/2024