Pilih Laman
Mahasiswa Teknik Mesin Juara Design Nasional Rancang Alat Ramah Lingkungan

8 Januari 2023

Oleh: Admin Pusat

0

Mahasiswa Program Studi Sarjana Teknik Mesin Untar Rafael Three, Natasya Riana, dan Ammarullah Wunayaka yang tergabung dalam Tim Ro-Boat didampingi dosen pembimbing Dr. Ir. Erwin Siahaan, M.Si. berhasil menyabet juara ketiga National Design Competition Envirolympics 2022 yang diselenggarakan Universitas Islam Indonesia pada 7-8 Januari 2023 di kampus Universitas Islam Indonesia.

Tim Ro-Boat menampilkan rancangan pengangkut sampah yang memiliki keunggulan dapat memilah sampah dengan menggunakan remote control sebagai pengendalinya.

“Tujuan awal kami merancang alat ini yaitu untuk membantu para pekerja kebersihan khususnya di lingkungan perairan, dan kami melihat bahwa ini dapat mempermudah pekerjaan mereka serta akan berdampak besar kepada masyarakat maupun kesehatan lingkungan khususnya lingkungan perairan,” ujar Rafael.

Rafael mengungkapkan pada saat mengikuti perlombaan ini banyak sekali pengalaman yang mereka dapatkan salah satunya adalah Untar menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta yang berhasil masuk babak grand final.

Diakuinya selama mengikuti kompetisi ini, banyak sekali ilmu yang berhasil mereka implementasikan dan salah satunya adalah bagaimana cara mempresentasikan hasil rancangan yang telah dibuat dengan baik dan terarah.

Ia juga berpesan untuk seluruh mahasiswa Untar yang akan atau sedang mengikuti lomba agar tetap semangat dan percaya diri.

“Jangan takut kalau lawannya itu dari PTS atau PTN dengan skill yang lebih mumpuni. Pede aja, kita bisa kok bersaing sama mereka,” tutup Rafael saat diwawancara.(DW/YS/AW)

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week