Pilih Laman
Memangkas Defisit Dokter Spesialis | Video

12 Desember 2022

Oleh: Admin Pusat

49

Seiring perkembangan zaman keberadaan dokter semakin dibutuhkan, terkhusus pada dokter spesialis. Namun ironisnya keberadaan dokter spesialis di Indonesia masih jauh dari rasio ideal. Indonesia membutuhkan setidaknya 240 ribu dokter spesialis, tetapi kini jumlahnya bahkan tak sampai separuhnya. Untuk mengatasi kondisi ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membuat berbagai kebijakan baru sebagai langkah awal untuk memangkas defisit pada jumlah dokter spesialis di Indonesia.

“Yang dilakukan oleh pemerintah tujuannya adalah supaya seluruh penduduk Indonesia walaupun di daerah terpencil itu mendapatkan pelayanan dokter spesialis,” jelas Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Untar Dr. dr. Noer Saelan Tadjudin, Sp.KJ. dalam Editorial Media Indonesia yang disiarkan di Metro TV, Senin (12/12).

Menyadari pentingnya peran fakultas kedokteran dalam melahirkan dokter spesialis, pemerintah membuat sebuah terobosan untuk mengoptimalkan FK di Indonesia. Tidak hanya FK di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) namun juga pada Perguruan Tinggi Swasta(PTS).

“Fakultas kedokteran swasta dengan predikat terakreditasi A atau Unggul itu diberi kesempatan seluas-luasnya oleh pemerintah saat ini untuk mendidik dokter spesialis,” ujarnya.

Selengkapnya dapat disimak melalui video berikut:

Sumber: https://www.metrotvnews.com/play/bVDCOj8L-bedah-editorial-mi-memangkas-defisit-dokter-spesialis

-DN-

-AW-

Berita terbaru

Agenda

1 Jan Tahun Baru 2024
1 Jan Dies Natalis FTI