Pilih Laman
Puspresnas Apresiasi Untar Tuan Rumah KBGI XIII 2022

20 November 2022

Oleh: Admin Pusat

Untar menjadi tuan rumah Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) XIII 2022. Kegiatan yang menjadi agenda rutin Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) ini berlangsung 18-20 November 2022.

KBGI merupakan kompetisi yang dilaksanakan secara paralel, melombakan desain dan bangunan gedung. Kompetisi tahun ini mengambil tema “Bangunan Gedung Tahan Gempa Berinovasi Material untuk Pengembangan Metropolitan Menyongsong Era Pasca Pandemi”.

Plt. Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi, M.Si. dalam sambutannya saat menutup kegiatan, memberikan apresiasi kepada Untar yang berperan sebagai tuan rumah dalam dua kompetisi tingkat nasional Puspresnas yaitu Paduan Suara Mahasiswa Nasional (PSMN) dan KBGI XIII 2022.

Ditambahkannya, tahun ini terdapat setidaknya 18 kegiatan yang diselenggarakan Puspresnas dan dua di antaranya diselenggarakan di Untar.

“Kita harus akui tahun ini sangat berat, karena kondisi pandemi dan kemudian sumber daya yang ada. Berkat perkenan Rektor dan seluruh tim Untar, lomba Paduan Suara Mahasiswa Nasional lalu dan KBGI dapat diselenggarakan dengan baik,” ungkapnya.

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., ASEAN Eng. juga mengucapkan terima kasih kepada Puspresnas atas kepercayaannya menjadikan Untar sebagai tuan rumah dalam dua kompetisi nasional.

“Mudah-mudahan ke depan kolaborasi ini dapat terus dilakukan, dan Untar sangat terbuka untuk menjadi tempat kegiatan kemahasiswaan maupun kegiatan-kegiatan lain yang diselenggarakan pemerintah, dalam hal ini Kemendikbudristek. Baik itu tingkat nasional maupun di tingkat provinsi dan seterusnya,” ujarnya.

Sebanyak 164 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia telah mengikuti seleksi administrasi dan penyisihan di KGBI 2022 ini. Dari seleksi tersebut dipilih delapan tim untuk kategori bangunan baja, dan delapan tim untuk kategori bangunan beton. Para finalis yang telah lolos ini kemudian berkompetisi secara luring di Universitas Tarumanagara. Penilaian dewan juri menentukan lima tim terbaik untuk masing-masing kategori.

Untar berhasil masuk sebagai salah satu tim terbaik untuk kategori khusus klasifikasi model bangunan gedung bertingkat beton pracetak. Sementara, juara umum diraih Politeknik Negeri Ujung Pandang.

-DN/YS-

-AW-